Bogor, 12/4 (Antara) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menemui Bupati Bogor Rachmat Yasin dalam rangka membahas wacana pembangunan monorel di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

"Pembangunan monorel di kawasan Puncak merupakan ide Bupati Bogor sebagai salah satu upaya untuk mengatasi kemacetan di kawasan tersebut yang sudah sangat krodit," kata Dahlan saat berkunjung di Pendopo Bupati Bogor.

Dahlan mengatakan, untuk pembangunan monorel, perlu ada keterlibatan tiga pemerintah daerah yang memiliki keterkaitan dengan kawasan Puncak, yakni Bogor, Jakarta, dan Bekasi.

Menurut Dahlan, ketiga pemerintah daerah tersebut harus mengurus izin birokrasi sebagai peruntukan jalur yang akan dilewati oleh monorel.

"Kemacetan di Ibu Kota sudah sangat kronis. Daerah-daerah penyangga ibu kota harus turut andil mengatasi masalah kemacetan ini," kata Dahlan.

Selain membahas tentang wacana pembangunan monorel di jalur Puncak. Pertemuan Bupati dan Menteri BUMN juga membahas tentang wacana pembangunan waduk di Kabupaten Bogor.

Dahlan mengutarakan bahwa pembangunan waduk di Kabupaten Bogor berdampak positif bagi Jakarta, terutama dalam menangani masalah banjir di Ibu Kota.

Dahlan menambahkan, terkait pembangunan waduk tersebut, pihaknya dan Bupati Bogor masih mengkaji lokasi pembangunannya.

"Lokasi waduk masih dikaji. Sampai saat ini, kami belum menentukan lokasi pembangunan waduk," katanya.

Menanggapi kedatangan Menteri BUMN, Bupati Bogor Rachmat Yasin menjelaskan bahwa pembangunan waduk di daerahnya merupakan gagasan dari Kementerian BUMN.

Selaku pemerintah daerah, lanjut Bupati, pihaknya sangat mendukung dan menyambut baik gagasan tersebut.

Bupati juga menyatakan bahwa lokasi pembangunan waduk juga belum ditentukan.

"DKI Jakarta bukan hanya sekadar provinsi, melainkan sebagai ibu kota negara. Jadi, sudah sepatutnya Pemkab Bogor sebagai daerah penyangga Ibu Kota bersama-sama memikirkan permasalahan yang ada di sana, terutama persoalan banjir," ujar Bupati.

Terkait dengan monorel, Bupati mengatakan, selain untuk mengurangi kemacetan di jalur Puncak, pembangunan monorel juga bisa meningkatkan daya tarik wisata.

"Kami sudah membahas titik-titik yang akan dijadikan stasiun pemberhentian monorel. Cibinong merupakan lokasi yang strategis sebagai utama keberangkatan ke arah Puncak," kata Bupati.

Laily R
Foto: Diskominfo Kab. Bogor

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013