Depok (ANTARA News Megapolitan) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat berusaha menekan jumlah penderita HIV/AIDS dengan melakukan penyuluhan dan pemeriksaan penyakit itu kepada masyarakat.

"Hal itu setiap tahun kami melakukan. Langkah tersebut agar pemahaman masyarakat dapat semakin luas dan menghindari berbagai faktor yang dapat menyebabkan munculnya penyakit tersebut," kata Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Depok, Rani Martina di Depok, Sabtu.

Menurutnya pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan dan pemeriksaan secara langsung. Diantaranya dengan memberikan penyuluhan di 35 puskesmas, penyuluhan di sekolah terutama SMA sederajat, penyuluhan di kelurahan dan kecamatan, serta penyuluhan kepada masyarakat umum dan kelompok masyarakat.

Selain itu juga melakukan mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT) atau pemeriksaan tes dan konseling HIV/AIDS di 30 lokus yang dilakukan oleh Dinkes Depok.

Rani menambahkan untuk memaksimalkan upaya yang dilakukan, Dinkes juga melakukan koordinasi dengan semua pihak di sejumlah sekolah terutama SMA, SMK, dan sederajat.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak sekolah agar terus memberikan pemahaman kepada pelajar dan mulai membiasakan pola hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018