Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meninjau langsung prototipe atau model asli hunian sementara di Camp Garuda PMI pada kunjungan kerjanya di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu.

"Prototipe huntara ini yang berada di depan camp Garuda PMI dan tadi sudah ditinjau langsung oleh Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI. Nantinya akan dikembangkan PMI di delapan titik pengungsian," kata Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M Hadi melalui sambungan teleponnya, Minggu.

Menurut dia, huntara ini nantinya akan dibangun oleh relawan PMI berukuran 6x3 meter dengan dua ruangan terdiri ruang tamu dan tidur. Direncanakan jumlahnya yang akan dibangun sebanyak 2.341 unit.

Hingga saat ini, PMI masih mendistribusikan air bersih, tandon air, hygiene kit, family kit, school kit, kelambu, selimut, terpal, kelambu dan baby kit. Selain itu juga memberikan pelayanan kesehatan, dukungan psikososial dan pemulihan hubungan keluarga.

"Relawan yang ada saat ini untuk pelayanan tersebut sebanyak 512 personel yang bertugas di Palu, Sigi dan Donggala," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Jusuf Kalla menyempatkan diri mengunjungi camp relawan PMI, dan mengucapkan terima kasih kepada relawan PMI termasuk dari Palang Merah Italia dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) atas kerjasamanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018