Cibinong, Jabar (Antaranews Megapolitan) - Pertamina Marketing Operation Region III melakukan suplai perdana  produk EXDO-4 yang merupakan Rubber Processing Oil (RPO)  berkualitas tinggi ke PT Elang Perdana Tyres Industry yang merupakan perusahaan ban dalam negeri berkualitas Internasional
    
"Produk EXDO–4 milik Pertamina yang diproduksi di Refinery Unit IV Cilacap yang memiliki kualitas tinggi dikarenakan telah mendapatkan approval Non Carcinogenic dari Biochemical Institute For Enviromental Carcinogens-Jerman," kata Direktur Utama PT Sukses Abadi Petrokimia yang juga sebagai distributor resmi produk EXDO-4 Pertamina, Niko Atmaja di Cibinong, Senin.
    
Menurut dia produk ini memiliki kualitas dan sesuai spesifikasi internasional karena untuk ban yang diekspor ke Eropa, bahan baku yang digunakannya harus memiliki sertifikat Non-Carcinogenic.
     
Produk ini secara langsung diproduksi oleh Refinery Unit IV Cilacap yang memiliki kualitas tinggi dikarena telah mendapatkan approval Non Carcinogenic dari Biochemical Institute For Enviromental Carcinogens-Jerman.  
     
Sehingga tidak diragukan lagi produk ini memiliki kualitas dan sesuai spesifikasi internasional. Itu karenanya untuk jenis ban yang diekspor ke Eropa, menggunakan bahan baku sesuai dengan aturan atau sudah memiliki sertifikat Non- Carcinogenic.
     
Selain itu, produk unggulan tersebut sudah di ekspor ke berbagai negara seperti India, China dan negara-negara Asia Tenggara.
    
Dengan adanya produk tersebut dapat menggantikan sekitar 40-50 persen konsumsi RPO yang notabene merupakan salah satu perusahaan manufacturing ban besar.
    
Ia menambahkan produk EXDO-4 yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Dan merupakan Rubber Processing Oil  bersifat Non-Carcinogenic.
    
Itu memiliki artian kandungan produk tidak menimbulkan potensi kanker dan ramah lingkungan. Nama EXDO sendiri merupakan singkatan dari Extract DAO.
    
"Produk itu menggambarkan proses dan bahan baku dari minyak. Sedangkan angka 4 (empat) menggambarkan RU IV Cilacap sebagai tempat memproduksi minyak untuk pembuatan produk tersebut," katanya.
    
Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR MOR III Pertamina, Dian Hapsari Firasati mengatakan sangat mengapresiasi PT Elang Perdana Tyres Industry dikarenakan telah mendukung penggunaan produk dalam negeri.
     
Dengan adanya hal itu tentu telah membuka peluang bagi Pertamina untuk menciptakan dan bekerjasama pada pasar Internasional untuk akses pendistribusiannya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018