Bogor, 29/11 (ANTARA) - Polisi Resor Bogor Kota, Jawa Barat menggelar Operasi Zebra Lodaya 2011 dalam rangka terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar di Kota Bogor.

"Operasi Zebra Lodaya 2011 sekaligus untuk mensosialisasikan Undang-Undang nomor 12/2009 tentang lalu lintas," kata Kapolres Bogor Kota, AKBP Hilam.

Kapolres mengatakan, Operasi Zebra Lodaya berlangsung selama dua minggu mulai hari ini (Selasa-red) hingga 11 Desember mendatang.

Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan membangun opini melalui penegakan hukum menjadi salah satu tujuan utama pelaksanaan operasi zebra lodaya 2011 tersebut.

Dengan operasi tersebut dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masarakat terhadap peraturan lalu lintas serta menurunkan tingkat pelanggaran terutama pengemudi kendaraan.

"Tidak hanya itu, operasi juga bertujuan untuk menurunkan tingkat kesemberawutan dan ketindaknyamanan di jalan umum," ujar Kapolres.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Kota, AKP Lukman Syarief menyebutkan sasaran operasi tersebut adalah seluruh lapisan masyarakat.

"Mulai dari mahasiswa, pelajar, LSM, organisasi, peani, pengemudi kendaraan motor pribadi, tidak menggunakan helm ganda, menggunakan Handphone saat berkendaran, pengguna jalan kaki yang kurang mengindahkan keselamatan. Semua akan kita tindak sesuai peraturan," kata Kasat.

Untuk sasaran benda yang akan dikenai razia adalah seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat, kendaraan bermotor yang terlibat kejahatan, kendaraan yang menggunakan knalpot bising dan rambu-rambu saran dan prasarana APIL.

Adapun lokasi dilaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2011 ini, lanjut Kasat berlangsung disejumlah titik diantaranya kawasan atau ruas jalan yang rawan kecelakaan, jalur padat, kawasan rest area yang rawan kejahatan, bahu jalan, terminal, halte, pangkalan, dan pasar tumpah.

"Tindakan yang akan dilakukan yakni teguran simpatik, tilang, pendidikan dan penyuluhan, himbauan dan penerangan. Kita juga melakukan penyebaran leaflet, stiker, sosialisasi pengaturan dan penjagaan," kata Kasat.

Sementara itu, pelaksanaan hari pertama Operasi Zebra Lodaya 2011 berlangsung di Jalan Pajajaran depan Tugu Kujang. Puluhan kendaraan berhasil terjading oleh petugas.

Laily R

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2011