Bogor, 22/3 (Antara) - SMP Negeri 1 Kota Bogor, Jawa Barat, menerima kunjungan pelajar dan guru dari sekolah Paraj Wittalai Chiangmai, Thailand.

"SMPN 1 menjadi pilihan para pelajar dan guru dari Thailand, karena sebelumnya 20 siswa SMPN 1 Bogor juga telah mengikuti program yang sama, yakni pertukaran pelajar di sekolah Paraj Wittalai Chiangmai," kata  Wakil Kepala SMPN 1 Bogor bidang kesiswaan Budiman di Bogor, Jumat.

Ia menjelaskan sebulan lalu pelajar SMPN I Kota Bogor dikirim ke Thailand untuk mengikuti program pertukaran pelajar.

Selain mengikuti proses belajar dan mengajar, kata dia, pelajar dan guru dari Thailand, selama berada di Bogor juga diajak mengunjungi Istana Kepresidenan Bogor, Kebun Raya Bogor, dan berkunjung ke gedung ASEAN di Jakarta.

Menurut dia, pertukaran pelajar merupakan program rutin setiap tahun  yang dilakukan oleh SMPN 1 Bogor.  
Budiman mengatakan selain ke Thailand, SMPN 1 Bogor juga telah mengirimkan pelajarnya ke negara-negara lainnya, seperti Singapura dan bahkan Amerika Serikat.

Program pertukaran pelajar SMPN 1 Bogor, kata dia, bisa berjalan dengan baik, karena tidak terlepas dari dukungan orang tua pelajar.

"Jadi orang tua pelajar sangat mendukung setiap program yang digulirkan SMPN 1 Bogor," katanya.

Melalui program pertukaran pelajar, pihaknya mengharapkan terjadi peningkatan mutu pendidikan nasional.

Meskipun rintisan sekolah berbasis internasional (RSBI) sudah dihapus, kata dia, SMPN 1 Bogor masih tetap menjadi sekolah standar nasional (SSN).  
Seorang pelajar SMPN 1 Bogor Gema Firdaus Aviantara mengaku bangga bisa berbaur dan belajar bersama dengan para pelajar dari Thailand.

"Rekan-rekan kita dari Thailand sangat terkesan  selama mengikuti belajar di SMPN 1 Bogor," katanya.

Budiman mengatakan 39 pelajar dan guru dari Paraj Wittalai Chiangmai Thailand mengikuti program pertukaran pelajar di SMPN 1 Bogor selama  empat  hari, yakni pada 18-21 Maret 2013.

"Selama berada di Kota Bogor mereka mengikuti proses belajar dan mengajar dengan baik," katanya.
 


Andi Jauhari

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013