Karawang (Antaranews Megapolitan) - Polres Kabupaten Karawang mengungkap praktik prostitusi dalam jaringan (online) melalui jejaring media sosial facebook di wilayah Karawang, Jawa Barat.

"Setelah dilakukan penyelidikan, kita mengamankan beberapa orang yang diduga melakukan praktik prostitusi online," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya di sela ekspos pengungkapan kasus di Mapolres Karawang, Rabu.

Ia mengatakan, praktik prostitusi online melalui jejaring facebook itu terungkap setelah petugas menyamar sebagai pelanggan.

Umumnya pelaku yang merupakan perempuan-perempuan berpenampilan seksi ini meminta pelanggannya datang ke rumah kost mereka.

Kapolres mengatakan, di akun acebook-nya, perempuan-perempuan ini menyertakan nomor whatsapp. Melalui nomor itulah transaksi seks berlangsung.

"Mereka (pelaku prostitusi online) menawarkan harga mulai dari Rp400 ribu hingga Rp1 juta, sesuai dengan pelayanan," katanya.

Baca: Prostitusi daring melalui medsos marak di Karawang

Slamet mengatakan, beberapa perempuan yang diduga melakukan prostutusi online itu tidak ditahan. Selanjutnya diserahkan ke Dinas Sosial setempat untuk dilakukan pembinaan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karawang Setya Dharma mengatakan, pihaknya akan mengirim beberapa perempuan yang melakukan prostitusi online itu ke Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Jakarta Timur.

"Di panti itu, mereka akan dibina dan diberi ketrampilan agar bisa berwirausaha," kata dia.

Sebelumnya dilaporkan, prostitusi daring melalui jejaring media sosial facebook terlihat dalam sebuah grup facebook "Cewe Karawang".

Grup facebook yang isinya terdapat beberapa transaksi seks itu beranggotakan lebih dari 2.500 orang. Di dalam grup ada sejumlah promosi perempuan panggilan dengan istilah "BO alias open booking".

Setiap perempuan panggilan yang promosi menyertakan foto seksi, tarif pesanan. Bahkan, perempuan panggilan itu menyertakan nomor whatsapp.

Sedangkan di twitter, setiap perempuan panggilan menyertakan foto seksi disertai nomor whatsapp dan tarif pesanan.

Transaksi prostitusi daring di twitter ini cenderung lebih terbuka, karena perempuan itu langsung mempromosikan melalui akun twitternya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018