Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjadikan Desa Bojong Baru sebagai percontohan Rumah Pendidikan Lingkungan Hidup (RPLH) dimana memiliki fungsi utama memberikan edukasi tentang pentingnya Lingkungan Hidup khususnya daerah setempat.

" RPLH adalah program utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam mewujudkan tersedianya fasilitas Rumah Pendidikan Lingkungan Hidup Bumi Winaya Lingkungan di seluruh Kecamatan," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Atis Tardiana di Cibinong, Senin.

Menurut dia pada penetapan ini juga telah melakukan sosialisasi terkait fasilitas Rumah Pendidikan Lingkungan Hidup (RPLH).

Ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kampung ramah lingkungan. Itu juga memiliki peran sebagai Rumah Pendidikan Lingkungan Hidup yang bertugas untuk memberikan pedoman agar masyarakat dapat hidup lebih sehat.

Selain itu juga menjadi tempat untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama pada sistem pengelolaan sampah. Sistem tersebut lebih mengacu pada pengolahan sampah secara pembusukan (manual).

RPLH ini merupakan upaya yang akan terus kita lakukan guna menunjang kegiatan-kegiatan lain seperti bank sampah karena ini merupakan sesuatu yang baik untuk masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengurangan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Nur Haryanti menyampaikan bahwa kegiatan ini berawal dari saat mengikuti Diklat Pim IV sehinga dibuatlah RPP mengenai RPLH Bumi Winaya Lingkungan.

''Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan tupoksi atau aturan pada seksi pengurangan sampah yang salah satunya adalah penyediaan fasilitas pedaur ulang sampah dan penunjang maupun fasilitas lainnya,'' katanya.

Dalam hal ini berharap dengan adanya sosialisasi terkait RPLH dapat membuat masyarakat semakin cerdas untuk mengelola sampah.

Serta mengurangi adanya timbulan sampah dan yang terpenting meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat maupun daerah. Itu melalui pengelolaan sampah secara efisien dan efektif (Pengelolaan Terpadu).

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018