Purwakarta (Antaranews Megapolitan) - Kuota Calon Aparatur Sipil Negara atau Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mencapai 317 sampai 350 orang.

"Sebelumnya kami mengusulkan kuota mencapai 5.023 orang, tapi kuota yang dipenuhi oleh Kementerian PAN RB hanya 6 persen dari usulan kuota itu," kata Kabid Pengadaan pada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia setempat Muhtar Lutfi, saat dihubungi di Purwakarta, Rabu.

Ia mengatakan, minimnya kuota CPNS pada tahun ini hampir merata terjadi di seluruh daerah karena daerah hanya mengusulkan, dan pusat yang menentukan kuotanya.

Menurut dia, pihaknya telah berupaya memperjuangkan penerimaan CPNS di Purwakarta sesuai usulan sebab tenaga honorer di Purwakarta jauh lebih banyak dari yang diterima oleh pemerintah pusat.

Terkai usia, ia menjelaskan, rekrutmen CPNS 2018 ini hanya bisa diikuti oleh peserta yang berusia 18-35 tahun dan batasan usia itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017.

"Itu aturannya, jika warga ingin mencoba silahkan, terutama bagi honorer," tuturnya.

Muhtar berpesan baik tenaga honorer maupun masyarakat umum yang akan mendaftar, bisa mempersiapkan berkas-berkas dan persyaratan yang telah ditentukan.

Sebelumnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB) menyatakan, pendaftaran secara online melalui website resmi sscn.bkn.go.id akan dimulai pada 26 September 2018.

Kemenpan RB menyatakan, total formasi CPNS 2018 ini sebanyak 238.015 posisi, terbagi di instansi pusat dan daerah.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018