Karawang (Antaranews Megapolitan) - Presidium Pembentukan Kota Cikampek optimistis wilayah Cikampek bisa memisahkan diri dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat dan membentuk daerah otonomi Kota Cikampek.

"Rencana membentuk daerah otonomi daerah Kota Cikampek ini sudah lama tertunda. Tahun ini kita akan bergerak lagi," kata tokoh masyarakat Cikampek Deden Darmansah di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya optimistis Cikampek bisa menjadi daerah otonom. Sebab, hal itu sesuai dengan "grand design" Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akan mengembangkan kabupaten/kota.

Sesuai dengan informasi, "grand design" Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu mencapai 42 kabupaten/kota. Sedangkan saat ini baru ada 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Ia mengatakan, keinginan masyarakat Cikampek untuk membentuk daerah otonom itu sudah muncul sejak tahun 1992. Tapi hingga kini belum terealisasi. ?

Rencana pemekaran Cikampek itu muncul karena adanya ketimpangan pembangunan infrastruktur dan jauhnya jarak dengan ibu kota kabupaten.?

"Kami optimis Cikampek bisa menjadi kota. Apalagi sudah ada masukan dari Dirjen Otda Kemendagri kalau Cikampek ini disarankan menjadi Kota Cikampek, bukan kabupaten," kata Deden yang juga mantan Anggota DPRB Provinsi Jabar.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018