Jakarta (Antaranews Megapolitan) - Adara Relief Internasional dan Persaudaraan Muslimah (Salimah) menyalurkan daging qurban dan paket bingkisan bagi pengungsi Palestina di Turki Selatan.

"Untuk pelaksanaan qurban di Turki, Adara bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan Khoiru Ummah yang berpusat di Istanbul dan memiliki cabang di beberapa kota, sedangkan pelaksanaan di Gaza dipercayakan kepada lembaga Assalama dan di Kota Al-Quds oleh lembaga kemanusiaan Sebil," kata Sekretaris Umum Adara Relief International Sri Vira Chandra dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Ia mengatakan ini merupakan kebahagiaan yang mewakili Adara mengantar langsung hewan qurban untuk warga Palestina yang berada di Turki Selatan. Meski diterima dengan baik di Turki Selatan, mereka masih sangat membutuhkan bantuan kita. Dengan qurban ini setidaknya dapat membahagiakan mereka.

Pada Idul Adha 1439 Hijriah/2018 Adara Relief International mengutus Sekretaris Umum, Sri Vira Chandra, SS, MA dan staf Bidang Jaringan, R. Roro Dwi Handayani untuk mengawal pelaksanaan qurban bagi pengungsi Palestina di Turki Selatan.

Bersama Adara turut pula Ketua Salimah (Persaudaraan Muslimah), Dra. Siti Faizah dan Sekretaris Umum, Reni Anggrayni, ST. 

Salimah merupakan mitra Adara dalam melakukan edukasi dan penggalangan donasi untuk keluarga Palestina. Menjelang Idul Adha 1439 H, Salimah juga turut berpartisipasi menggalang dana qurban dari pengurus dan komunitas yang berada di bawah koordinasi Salimah. 

Pada kesempatan Idul Adha kali ini, terkumpul dana qurban yang digalang selama sebulan sebelumnya sebesar Rp 1.026.844.500,-. Dana tersebut untuk 10 ekor sapi, 29 ekor kambing dan 128 ekor kambing qurban frozen. 

Sedangkan dana untuk paket bingkisan hadiah bagi anak-anak pengungsi, terkumpul Rp 179.899.500,-. Seluruhnya telah didistribusikan pada tanggal 22-24 Agustus 2018 yang terbagi pada 3 tempat, yaitu di Kota Al-Quds, di Gaza dan pengungsian di Turki Selatan. 

Dari 12 tempat yang mendapatkan qurban, Adara dan Salimah hanya membersamai prosesi qurban di Kota Raihanlyi dan Antakya di Provinsi Hatay, Turki Selatan. 

Sementara itu, Siti Faizah mengucapkan syukur bisa ikut terlibat bersama Adara dalam proses penyembelihan dan penyaluran hewan qurban untuk pengungsi Palestina yang ada di Turki.

"Ini adalah realisasi kerjasama yang baik antara Adara dan Salimah, bersinergi dalam menjaga amanah terkait penyaluran donasi masyarakat Indonesia. Semoga qurban yang telah disalurkan menjadi amal dan ibadah yang diterima di sisiNya, meningkatkan ketakwaan kepadaNya, menambah keberkahan hidup dengan kebahagiaan dunia dan akhirat," kata Ketua Salimah yang juga penghafal Al-Quran ini. 

Sementara itu, Ketua Adara Relief International, Nurjanah Hulwani menghaturkan banyak terimakasih kepada para donatur di program qurban untuk warga Palestina tahun ini. Saya berdoa bagi semua komunitas yang menjadi mitra Adara.

"Semoga keberkahan Allah selalu tercurah untuk kita semua dan Palestina segera Allah anugerahi kemerdekaan," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018