Karawang (Antaranews Megapolitan) - Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau agar petani yang kesulitan air untuk mengairi areal persawahannya pada musim kemarau tahun ini segera melapor agar bisa tertangani.

"Kami akan berusaha menangani persoalan kekeringan yang biasa dialami petani selama musim kemarau," kata Kepala Dinas Pertanian setempat Hanafi, di Karawang, Selasa.

Ia mengaku telah menyiapkan bantuan pompa air untuk mengatasi kesulitan air tersebut. Seperti beberapa waktu lalu, pihaknya telah menurunkan bantuan puluhan pompa air untuk mengatasi kekeringan areal sawah di sejumlah daerah sekitar Karawang.

"Sebelumnya memang ada ribuan hektare hektare sawah yang terancam kekeringan. Tapi tim sudah bergerak dengan menurunkan puluhan pompa air untuk mengatasi ancaman kekeringan itu," kata dia.

Areal persawahan yang sebelumnya dilaporkan kekeringan di antaranya terjadi di Kecamatan Batujaya, Pakisjaya dan Kecamatan Cilamaya.

Areal sawah di tiga kecamatan itu sebelumnya dilaporkakn kekeringan, karena berkurangnya debit air dari saluran irigasi.

Kondisi terjadi akibat pendangkalan dan penyempitan saluran irigasi ke areal persawahan di daerah tersebut.

"Tapi itu sudah tertangani dengan baik. Jadi areal sawah seluas sekitar 2.500 hektare di tiga kecamatan itu sudah bisa ditangani hingga akhir bulan ini," kata Hanafi.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018