Bogor (Antaranews Megapolitan) - Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan Shalat Idul Adha bersama masyarakat umum, Rabu (22/8) di Lapangan Rektorat, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Bertindak sebagai imam Shalat Idul Adha, Dr. Ir. Abdul Munif, M.Sc, Agr, Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Hurriyyah IPB  dengan  khatib Rektor IPB, Dr. Arif Satria.   

Rektor IPB dalam khutbahnya menjelaskan hikmah berkurban. “Terdapat beberapa pelajaran yang dapat diambil dari kisah Nabi Ibrahim  dan Nabi Ismail  diantaranya hidup selalu didasari dengan ujian, maka bersabarlah. Idul Adha mengambil kisah kesabaran dari nabi Ibrahim dan Ismail dimana kesabaran individual harus ditransformasi menjadi kesabaran kolektif.

Kesabaran kolektif ditunjukkan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas. Selain itu, Idul Adha merupakan momen  membangun solidaritas kepada sesama untuk berbagi. Nilai pengorbanan, kesabaran dan berbagi merupakan nilai untuk menunjukkan peradaban baru,” urai Rektor IPB.

Setelah Shalat Idul Adha usai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang bertempat di Masjid Al Hurriyyah. Azmi, Ketua Pelaksana Panitia Kurban Al Hurriyyah IPB menuturkan, “Kami menerima hewan kurban tahun ini sebanyak 3 ekor sapi, 12 ekor kambing dan 24 ekor domba.  Kami bekerja sama dengan Kerohanian Islam Fakultas Pertanian IPB untuk menyalurkan hewan kurban di Gunung Bunder. Jadi, sebagian hewan kurban disembelih di sini dan sebagian lagi disalurkan. Daging kurban  dibagikan sebanyak 1.100 kupon ke warga yang ada di dalam maupun di luar IPB.”

Penyembelihan hewan kurban dilakukan di dua tempat yang terpisah. Penyembelihan pertama dilakukan di lapangan dekat Aula Masjid Al Hurriyah dan tempat kedua di samping Masjid Al Hurriyah. Tepat pukul 09.30 WIB, penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan disaksikan oleh Rektor IPB beserta keluarga. Usai dua ekor sapi disembelih, disusul satu ekor sapi terakhir yang merupakan sapi kurban dari Rektor IPB dan keluarga. (dfs/ris).

Pewarta: Oleh Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018