Bogor (Antaranews Megapolitan) - Komunitas Selam Institut Pertanian Bogor (IPB) berpartisipasi dalam kegiatan aksi bersih laut yang diadakan oleh Komunitas Diver Peduli Laut. Kegiatan yang dilaksanakan di Kepulauan Seribu (18-19/8) ini merupakan bagian dari aksi menyelam ambil sampah di seluruh Indonesia. Aksi ini merupakan cara penyelam dalam memperingati hari Kemerdekaan RI ke-73.

Peserta dari Komunitas Selam IPB terdiri dari lima orang mahasiswa dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB. Rombongan yang dipimpin oleh Ridho Zulfikar Wicaksono ini berangkat ke Pulau Seribu bersama Kapal Akar Bahar milik Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yg bertugas untuk monitoring konservasi dan terumbu karang dari Pelabuhan Muara Baru, Jakarta.

Bersama penyelam dari berbagai kalangan, pada tanggal 19 Agustus 2018, Tim selam IPB melakukan kegiatan pengambilan sampah di bawah laut. Setiap penyelam dibekali kantong sebagai alat untuk mengumpulkan sampah yang ditemukan selama penyelaman. Pada kesempatan tersebut hadir pula Bupati Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Husein Murad. Sebanyak 62 orang penyelam tercatat berpartisipasi dalam aksi tersebut.

"Kami sangat senang sekali bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga keterlibatan kami dapat memberikan kontribusi sabagai salah satu usaha melawan sampah laut," ungkap Mufti Aprizan, mahasiswa IPB salah satu peserta aksi.

Sementara itu sebagai pimpinan rombongan, Ridho menyampaikan terima kasih kepada Simon Boyke Sinaga selaku Ketua Panitia kegiatan untuk dukungan selama kegiatan berlangsung.(**/Zul)

Pewarta: Oleh Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018