Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dinas Pertanian Kota Bogor, Jawa Barat intensifkan ?pemeriksaan kesehatan hewan kurban ke sejumlah penjual ternak yang tersebar di 68 kelurahan.

"Kami membentuk enam tim terdiri atas 14 petugas veteriner Dinas Pertanian yang berkeliling ke wilayah-wilayah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor, Irwan Rianto, kepada Antara di Bogor, Senin.

Irwan menyebutkan, sejak Jumat (10/8) tim sudah bergerak turun ke wilayah menyasar pedagang ternak yang mulai banyak bermunculan, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan.

Tidak hanya petugas Dinas Pertanian, pemeriksaan kesehatan hewan kurban jelang Idul Adha 2018 juga melibatkan tenaga dokter dan mahasiswa dari IPB, serta peneliti Puslitbang peternakan, Kementerian Pertanian.

"Saya ikut turun mendampingi petugas pemeriksa, berkeliling mendatangi pedagang-pedagang ternak yang ada di wilayah Kota Bogor," kata Irwan.

Pemeriksaan kesehatan ini, lanjutnya, untuk memastikan hewan yang dijual oleh penjual dadakan di Kota Bogor aman dari penyakit, sehat, utuh, dan memenuhi syariat Islam.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kota Bogor, Patrianatariksina menyebutkan, sejak Jumat lalu, tim turun menyasar lapak-lapak besar milik peternak yang ada di titik-titi jalan utama.

"Baru sekitar 10 sampai 15 pedagang yang sudah kami datangi dan periksa hewannya," kata Patriana.

Menurutnya, pada H-4 dan lima menjelang Idul Adha jumlah peternak hewan kurban dadakan akan banyak bermunculan, terutama untuk hewan domba maupun kambing.

Selama itu, petugas pemeriksaan kesehatan hewan, intensif melakukan pemeriksaan ke setiap wilayah.

Prediksi tahun ini, permintaan hewan kurban seperti sapi diperkirakan sebanyak 3.000 ekor. Jumlah ini terus bergerak, dilihat dari jumlah penjual yang terus bertambah.

"Sapi rata-rata berasal dari Jawa Tengah, sapi Kupang dari NTT juga banyak masuk Kota Bogor," katanya.

Untuk sapi terberat yang saat ini ada di Kota Bogor mencapai 1 ton tersedia di Bursa Hewan Qurban (BHQ) Kantor Puslitbangnak, Jl Pajajaran Kota Bogor.

Untuk harga jual tahun 2018 ini sapi berkisar antara Rp60 ribu sampai Rp65 ribu per kg bobot hidup, sedangkan untuk kambing atau domba ?Rp90 ribu sampai Rp95 ribu per kg bobot hidup.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018