Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengkolaborasikan objek wisata dengan bidang olah raga seperti membangun sirkuit "grasstrack" untuk meningkatkan kedatangan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

"Kolaborasi ini merupakan salah satu upaya kami untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi apalagi sekarang kita punya Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang bertaraf dunia sehingga perlu dipromosikan secara gencar sekaligus ditata sebaik mungkin," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Selasa.

Salah satu kolaborasi antara objek wisata dengan bidang olah raga yang sudah berjalan yakni wisata Karangpara di Kecamatan Cikembar yang disekitar lokasi juga disediakan sirkuti grasstrack bertaraf nasional. Ternyata, kolaborasi ini mendapatkan nilai positif sebab selain wisatawan menikmati wisata alam juga bisa memacu adrenalinnya di sirkuit ini.

Bahkan ke depannya, pihaknya juga ingin membangun sirkuit grasstrack di Kecamatan Palabuhanratu dan Surade atau Jampangkulon ini untuk menunjang keberadaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Sehingga dengan adanya sirkuit di sekitar objek wisata ini bisa menjadi daya tarik tersebut bagi penghobi otomotif. Namun yang terpenting lahan yang digunakan tidak bersengketa atau minimalnya milik pemerintah desa maupun Kabupaten Sukabumi seperti Sirkuit Grasstrack Karangpara yang lahannya milik pemerintah desa setempat.

"Saat ini kami tengah melakukan penataan objek wisata Karangpara seperti menambah lampu penerangan dan melebarkan jalan agar bus bisa masuk ke area wisata itu," tambahnya.

Di sisi lain, Marwan mengatakan dengan adanya konektivitas transportasi seperti dibangunnya Tol Bocimi, Bandara Sukabumi dan jalur ganda kereta api Sukabumi-Bogor bisa menumbuhkan perekonomian warga Kabupaten Sukabumi.

Namun yang harus diperhatikan adalah daya saing masyarakat khususnya yang berada di sekitar objek wisata yang harus siap kedatangan tamu dari berbagai negara untuk berwisata.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018