Bogor (Antaranews Megapolitan) - Pada awal bulan Juni 2018, lembaga independen QS sebagai salah satu penyelenggara pemeringkatan perguruan tinggi di dunia kembali mengeluarkan hasil resmi pemeringkatan QS University World Rangking 2019 periode Juni 2018 - Mei 2019. Berdasarkan hasil tersebut, IPB berada di lima besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia setelah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

Pada sistem perangkingan dunia tersebut, IPB berada di peringkat 701-750 yang meningkat dari tahun sebelumnya di peringkat 751-800. “Tahun ini, IPB mengalami peningkatan peringkat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni pada peringkat World University Rangking (WUR) menjadi 701-750. Pada rilis sebelumnya, Asia University Rangking (AUR) menempatkan IPB pada peringkat 147, sedangkan pada kategori pemeringkatan by subject bidang pertanian dan kehutanan, IPB tetap bertahan dari tahun sebelumnya yakni pada peringkat 51-100,” ujar  Direktur Program Internasional IPB, Prof. Iskandar Z. Siregar.  

Prof.Iskandar menanggapi posisi peringkat IPB saat ini sebagai hal yang positif untuk terus melakukan perbaikan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Terlebih pada QS University Rangking kali ini, penilaian dilakukan secara ketat setiap tahunnya dengan adanya peningkatan jumlah perguruan tinggi baru yang masuk penilaian, sekitar 60 pendatang baru.  

Pemeringkatan QS World University Rangking kali ini dilakukan terhadap 1.233 perguruan tinggi yang memenuhi syarat dari total sebanyak 4.763 institusi perguruan tinggi yang dipertimbangkan di 151 negara. Penilaian terhadap sejumlah universitas terus dievaluasi berdasarkan enam kategori penilaian yaitu reputasi akademik, reputasi pemberi kerja (employer), rasio dosen dan mahasiswa, kutipan publikasi ilmiah per dosen dan rasio dosen internasional, serta rasio mahasiswa internasional. Menurut Prof. Iskandar, keluarnya hasil pemeringkatan oleh QS University harus menjadi pendorong untuk terus bekerja keras dalam  upaya membangun reputasi dan visibilitas IPB secara umum.

"Melalui perangkingan ini, kita harap IPB semakin dikenal  komunitas akademik dunia. Terlebih oleh dunia kerja dan mitra strategis baik nasional maupun internasional. Tentunya kita juga harus selalu berupaya untuk meningkatkan perangkingan tersebut, agar dapat tembus 500 besar dunia,” ungkapnya.

Prof. Iskandar menyampaikan bahwa pencapaian peningkatan rangking secara internasional ini tentu tidak akan pernah tercapai tanpa adanya kerja sama dan usaha keras yang dilakukan oleh seluruh warga IPB. (SMH/ris)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Prof. Iskandar Z. Siregar

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018