Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Polisi lalu lintas di jajaran Polres Sukabumi, Jawa Barat mengajak masyarakat di wilayah hukum setempat untuk membiasakan menggunakan sepeda dalam beraktivitas setiap harinya.

"Ajakan ini sekaligus `launching` Program Transportasi Sehat Merakyat (TMS) Bike to Work, Bike to School, dan Back to Bike," kata Kasubbag Humas Polres Sukabumi AKP Sunarto di Sukabumi, Minggu.

Pihaknya meluncurkan sekaligus menyosialisasikan progam?Korlantas Polri tentang TSM Bike to Work, Bike to School, dan Back to Bike saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Jalan Siliwangi, Kelurahan Palabuhanratu.

Ternyata, kata dia, progam itu disambut baik masyarakat, khususnya pecinta dan klub sepeda di Sukabumi yang tujuannya untuk?mengatasi kemacetan, mengurangi emisi karbondioksida atau pencemaran udara, dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Selain itu, katanya, dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan itu, bisa mengurangi beban konsumsi bahan bakar minyak (BBM) walaupun memang tidak serta merta bisa dilaksanakan secara langsung, tetapi dengan cara bertahap.

"Sosialisasi ini akan terus kami laksanakan dan tentunya memberikan contoh kepada masyarakat agar dalam beraktivitas keseharian bisa menggunakan sepeda yang keuntungannya kemacetan bisa teratasi, udara menjadi bersih, dan tentunya badan sehat," katanya.

Sunarto mengatakan untuk merealisasikan progam TSM, perlu sarana dan prasarana atau minimalnya jalur sepeda.

Akan tetapi, katanya, hal yang paling penting kesadaran masyarakat dalam menggunakan sepeda dalam kesehariannya.

Pihaknya juga menyosialisasikan kampanye keselamatan berkendaraan.

Kampanye itu, kata dia, penting dilakukan karena angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sukabumi cukup tinggi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018