Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan kegiatan bedah rumah di kediaman Bapak Iden yang berlokasi di Kampung Cilampayan RT 013/008 Desa Pasirtanjung Kecamatan Cikarang Pusat.

"Kita bedah rumah Bapak Iden yang mengalami musibah kebakaran pada 15 Juli yang lalu. Kegiatan ini kami lakukan sejak kemarin (minggu)," kata Kepala Lapas Cikarang Kadek Anton Budiharta di Cikarang, Senin.

Kadek mengatakan kegiatan bedah rumah ini merupakan agenda inovasi Lapas Cikarang yang sarat kemanusiaan dengan melibatkan kerjasama pemerintah daerah Kabupaten Bekasi melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

"Kegiatan ini adalah adalah kegiatan perdana dari program kerja sama antara kami dengan Baznas Kabupaten Bekasi," katanya.

Dia mengaku kegiatan serupa akan terus dilakukan pihaknya secara berkesinambungan sebagai wujud bakti serta kepedulian Lapas Cikarang kepada masyarakat khususnya mereka yang tinggal di sekitar lingkungan Lapas.

Kadek melanjutkan kegiatan bedah rumah dikerjakan oleh pasukan merah putih yang merupakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) setempat yang telah lolos seleksi ketrampilan khusus di bidang pertukangan.

"Total ada 20 warga kami yang menjadi pasukan merah putih, mereka telah kami siapkan sebelumnya, kami bekali sejumlah pelatihan pertukangan sebelumnya," katanya.

Berbekal ketrampilan itu kini mereka mengimplementasikannya untuk berbakti kepada negeri dan masyarakat seperti yang telah dilakukan sebelumnya di antaranya bersih-bersih desa, pembangunan sarana olahraga, serta sarana ibadah.

Selain itu rencananya pasukan merah putih juga akan menerapkan keterampilannya itu untuk membangun fasilitas sosial dan umum lainnya bertepatan pada peringatan proklamasi 17 Agustus 2018 di Desa Pasirtanjung.

"Kita akan koordinasi dengan Kepala Desa kaitan apa saja yang kita bisa bangun lagi untuk masyarakat, sehingga saat 30 Oktober nanti atau saat hari jadi Kemenkumham bisa kita serahkan karya itu kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar D dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018