Bogor  (Antaranews Megapolitan) - Revitalisasi Stadion Pajajaran Kota Bogor, Jawa Barat hampir rampung, pembangunan telah berjalan 95 persen dan siap untuk menyambut perhelatan Asian Games tahun 2018. 
   
"Pekerjaan hampir rampung, progres sudah 95 persen, target 31 Juli renovasi selesai dikerjakan," Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kota Bogor, Eko Prabowo, di Bogor, Jumat. 
   
Ia menjrlsdksn, pada Kamis (19/7) lalu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto telah meninjau secara langsung progres perbaikan Stadion Pajajaran. Dari hasil pengecekan tersebut, semua berjalan sesuai kontrak kerja yang telah disetujui. 
   
"Rencananya setelah pekerjaan selesai, mulai 1 Agustus akan ada penyerahan stadion dari Kementerian PUPR ke Dispora," katanya. 
   
Menurutny lagi, jika proses revitalisasi telah diserahterimakan ke Kota Bogor, taha selanjutnya akan dilakukan tahap akhir perapian oleh tim Dispora seperti lintasan lari, pemasangan tiang gawang, dan merapikan sudut-sudut lapangan bola tersebut.
   
Ia mengatakan pula, Stadion Pajajaran Kota Bogor akan digunakan sebagai salah satu tempat latihan tim nasional di zona I pada saat Asian Games berlangsung.
   
Hal ini sudah disepakati pada perjanjian nota kesepahaman dengan Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) atau panitia pelaksana Asian Games XVIII.
   
"Kami belum mengetahui negara mana saja yang akan menjalani latihan di Stadion Pajajaran, belum diberitahukan oleh INASGOC," katanya. 
   
Menurut Eko, penggunaan Stadion Pajajaran untuk tempat latihan tim sepakbola peserta Asian Games, adalah bentuk kontribusi Kota Bogor menyukseskan perhelatan akbar tersebut. 
   
"Kami tidak memungut biaya sewa kepada penyelenggara Asian Games karena menurut kami ini adalah untuk kepentingan negara," kata Eko. 
   
Rencananya, obor Asian Games 2018 akan melintas di Kota Bogor. Pemerintah kota telah melakukan persiapan menyambut kedatangan "torch relay' Asian Games yang dijadwalkan tiba tanggal 14 Agustus mendatang. 
   
Akan ada prosesi untuk menyambut obor Asian Games, dan dibawa berkeliling melintasi Jl Sudirman, menuju Sistem Satu Arah (SSA), dan singgah ke Istana Bogor. 
   
"Sebelum finish di Jakarta, obor Asian Games akan disemayamkan di Balai Kota," kata Eko.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018