Cikarang, Bekasi  (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 410 jemaah haji asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat diberangkatkan menuju embarkasi Bekasi untuk menjalani ibadah ke tanah suci dalam acara pelepasan jemaah haji yang dipimpin Wakil Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja di Gedung Wibawa Mukti komplek perkantoran Pemkab Bekasi.

"Pelepasan gelombang pertama jemaah haji Kabupaten Bekasi ini berasal dari kelompok terbang (kloter) 3," kata Eka di Cikarang, Selasa.

 Eka menjelaskan kloter 3 yang dilepas hari ini merupakan kloter penuh berjumlah 410 jemaah dan enam orang petugas yang mengawalnya.

Dirinya mengaku bahagia bisa diberikan kesempatan untuk bertemu sekaligus melepas rombongan jemaah haji asal daerah setempat.

 "Semoga seluruh jemaah haji Kabupaten Bekasi senantiasa diberi kesehatan," katanya.

Kepada para jemaah Eka mengimbau agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan khusyu, selalu tertib dan mengikuti aturan yang ada dari mulai keberangkatan hingga ke tanah suci nanti serta dapat menjadi haji yang mabrur.

"Manfaatkan kesempatan dan waktu selama di tanah suci, apapun yang kita lakukan, untuk beribadah," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi Shobirin mengatakan dari jumlah kuota jemaah haji Kabupaten Bekasi sebanyak 2.207 yang pasti fix berangkat dari Kabupaten Bekasi sebanyak 2.086.

"Sementara 121 jemaah lainnya terkena mutasi, baik ke Kabupaten atau Kota lain maupun mutasi ke Provinsi," katanya.

Shobirin menambahkan ke-2.086 jemaah ini terbagi menjadi tujuh kloter, yakni kloter 3 berjumlah 410 jemaah, kloter 26 dengan jumlah jemaah sebanyak 410 jemaah, disusul dengan kloter 40 juga berjumlah 410 jemaah.

"Insya Allah akan dilepas pada hari Selasa (24/7) untuk kloter 26 dan hari Sabtu (28/7) untuk kloter 40," katanya.

Kemudian kloter 50 akan berangkat tanggal (1/8) sebanyak 214 jemaah, disusul kloter 79 berjumlah 410 dan kloter 87 sebanyak 151.

"Yang terakhir kloter 96 sebanyak 87 jemaah," katanya.

Tujuan pelepasan pemberangkatan calon jemaah haji adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap jemaah haji khususnya di Kabupaten Bekasi.

"Dan dengan pelepasan ini semoga menjadi motivasi bagi jemaah calon haji untuk memperoleh kemabruran haji," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar D dan Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018