Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Penjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Iriawan mengingatkan para penyelenggara kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada hari pertama sekolah, Senin, untuk menghindari kegiatan fisik yang berpotensi pada kekerasan.

"MPLS ini harus dijalankan kepala sekolah dan jajarannya dengan baik. Tidak ada masalah dengan kegiatan fisik selama tidak menjurus pada kekerasan terhadap siswa," katanya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk memonitoring serta mengevaluasi kegiatan MPLS di seluruh sekolah di Jabar mulai hari ini.

"Hingga siang ini saya belum bisa pastikan akurasi dari arahan ini, tapi saya akan kontrol langsung ke sekolah-sekolah penyelenggara," ujarnya.

Kegiatan MPLS merupakan agenda rutin tahunan pascaagenda Penerimaan Peserta Didik Baru 2018 yang berlangsung sejak awal Juli 2018 sebagai bagian dari pengenalan siswa baru terhadap lingkungan sekolah.

Menurut dia, MPLS harus dijadikan sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu.

Kegiatan itu juga termasuk pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Iriawan mengingatkan para siswa, keluarga dan penyelenggara untuk mewaspadai sejumlah potensi terjadinya konflik selama pelaksanaan hari perdana sekolah.

Iriawan mengingatkan orang tua siswa untuk aktif melapor bila terjadi pungutan liar di luar penarikan biaya resmi yang ditetapkan Dinas Pendidikan.

"Tidak ada penarikan biaya bagi peserta MPLS. Kalau menemukan, segera lapor," tambahnya.

Menurut dia, MPLS biasanya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung.

Iriawan menyebutkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menginstruksikan kepada seluruh daerah yang sedang melaksanakan MPLS untuk tidak menggunakan atribut yang berlebihan dan tidak mengadakan kegiatan yang berisi perploncoan.

"Saya akan memonitoring setiap pelaksanaan MPLS di seluruh sekolah di Jabar," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018