Bogor (Antaranews Megapolitan) - Ingin mengembangkan potensi perkebunan, PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) III lakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Penandatanganan nota kesepahaman antara Rektor IPB, Dr. Arif Satria dan Direktur Utama PTPN III, Dolly P. Pulungan dilakukan di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Dramaga Bogor (13/7).

Penandatanganan disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr. Drajat Martianto, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan, Prof. Dr. Agus Purwito, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Dodik Ridho Nurrochmat dan Wakil Rektor Bidang Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan, Prof. Dr. Erika B Laconi.

Dr. Arif Satria menyambut baik kerjasama ini karena sejalan dengan arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang secara khusus menginginkan BUMN-BUMN untuk melakukan kerjasama dengan IPB.

“Saya harap ke depan tidak hanya PTPN III yang melakukan kerjasama, semoga akan ada BUMN - BUMN lain yang akan bekerjasama dengan IPB. Kerjasama ini akan memperkuat sinergi antara IPB dengan BUMN dalam bidang  penelitian dan pengembangan. Melalui kerjasama ini, IPB bisa support BUMN dalam bidang pertanian. IPB dan BUMN dapat menjadi agent of development yang diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk bangsa dan negara,” ujar Rektor.

Sebelumnya IPB telah melakukan kerjasama dengan BUMN dalam bidang perikanan dan sudah melakukan progam-program penelitian dan pengembangan bersama. Bahkan kerjasama ini sudah menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk melakukan penelitian dan hasil penelitian disalurkan ke pabrik pakan ikan di wilayah setempat.   

Sementara itu Direktur Utama PTPN III, Dolly P Pulungan mengatakan bahwa PTPN III memiliki lahan yang paling luas di antara PTPN yang lain di Indonesia. Ada sekitar 1.1 juta hektar lahan yang dikelola dengan total aset sekitar 116 triliun rupiah.

“Dengan kerjasama ini, IPB akan bantu aktivasi lahan milik PTPN III. Selain itu kami juga ingin mereview penggunaan pupuk majemuk di lahan. Bagaimana jika formula diturunkan namun kualitasnya bisa ditingkatkan. Untuk itu kami berkomitmen untuk melakukan kerjasama dengan IPB. Semoga dengan saling bersinergi dapat memberikan solusi signifikan untuk PTPN III dan IPB,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini pimpinan unit di IPB yang akan segera menindaklanjuti kerjasama, diantaranya adalah Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB, Dr. Aji Hermawan, Wakil Kepala LPPM IPB Bidang Pengabdian pada Masyarakat,  Prof. Dr. Sugeng Heri Suseno, Direktur  Inovasi dan Kewirausahaan, Dr. Syarifah Iis Aisyah, Dekan Sekolah Vokasi, Dr. Arif Daryanto, Direktur Bisnis dan Manajemen Aset Komersial, Dr. Jaenal Effendi, Sekretaris Pusat Studi Satwa Primata (PSSP), Dr. Entang Iskandar, dan Prof. Dondin Sayuti, Kepala Pusat Studi Biofarmaka, Dr. Irmanida Batubara, SSi.MSI, Sekretaris Pusat Sains Halal, Dr. Ir. Noviyan Darmawan dan sejumlah undangan lainnya.(dh/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018