Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rudy Achdiyat mengatakan Stadion Pakansari siap digunakan untuk gelaran Asian Games pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.
   
"Kesiapan itu antaranya rumput lapangan dan bak penampungan untuk berendam sebelum ataupun sesudah pemain bertanding maupun pada masa uji coba skuat," katanya di Cibinong, Selasa.
   
Menurut dia penggunaan stadion tersebut akan berlangsung pada tanggal 14 Agustus hingga 1 September 2018.
     
Namun kedatangan atlet sepak bola tersebut direncanakan sepuluh hari sebelum kegiatan berlangsung. 
   
Itu dilakukan untuk mengetahui dan mengukur suhu udara Kabupaten Bogor yang nantinya akan berpengaruh pada atlet-atletnya.
   
Pasalnya suhu udara itu penting dimana pada negara asalnya dengan daerah yang akan menjadi tempat bertanding cukup berbeda.
     
"Pasti akan ada penerapan dan penyesuaian strategi untuk atlet sepak bola bertanding pada nantinya," katanya.
   
Ia menambahkan selain Pakansari juga Stadion Persikabo Cibinong sendiri akan digunakan segai venue latihan untuk cabang olahraga sepak bola ajang Asian Games 2018.
     
Dan dapat dipastikan pada minggu ini akan selesai rumputnya juga sudah tidak ada masalah tinggal melakukan penyiraman secara rutin semata.
   
Namun dalam hal ini kedua stadion tidak akan digunakan untuk pertandingan sepak bola lainnya selain gelaran Asian Games 2018.
   
"Terhitung tanggal 4 Juni 2018 stadion yang dipakai untuk Asian Games ga boleh dipakai, termasuk Stadion Persikabo mini," katanya.
     
Sementara itu, Bupati Bogor, Nurhayanti menjelaskan dimana Kabupaten Bogor untuk Stadion Pakansari, Persikabo Cibinong sudah siap menyambut gelaran Asian Games 2018.
   
Namun untuk arus lalulintas masih pada tahap pemetaan dan pengaturan jalan agar pengguna lainnya tidak tergangu.
   
"Koordinasi itu langsung dilakukan oleh Pemerintah daerah, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Polres Bogor guna menyiasati keamanan, dan pengaturan jalan," katanya.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018