Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Dede Haryadi mengatakan pasangan calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 3 Sudrajat-Akhmad Syaikhu berjargon Asyik meraih suara terbanyak di Kabupaten Sukabumi pada Pilkada Serentak 2018.

"Dari hasil rekapitulasi perhitungan suara ini sudah diterima dan ditanda tangani oleh masing-masing saksi dari pasangan calon gubernur lainnya," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Dede Haryadi di Sukabumi, Rabu.

Adapun hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Calon Gubernur Jabar tingkat KPU Kabupaten Sukabumi Asyik memperoleh 35 persen suara atau 395.318 suara, kemudian Dedy Mizwar - Dedi Mulayadi (2DM) memperoleh suara terbanyak kedua dengan raihan 318.244 suara (28 persen).

Kemudian disusul Ridwan Kamil UU Ruzhanul Ulum (Rindu) mendapatkan 296.823 suara (27 persen) dan diurutan terakhir TB Hasanudin Anton Charliyan (Hasanah) memperoleh 108.172 suara (10 persen).

Adapun total suara atau masyarakat yang menggunakan hal pilihnya pada Pilgub Jabar yang diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi sebanyak 1.154.714 suara dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.801.992 jiwa.

"Dari hasil evaluasi dan monitoring selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Sukabumi hingga rekapitulasi perhitungan suara di tingkat KPU Kabupaten Sukabumi berjalan lancar, aman dan kondusif," tambahnya.

Dede mengatakan jika ada yang tidak puas dengan hasil rekapitulasi perhitungan suara ini bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dan itu merupakan hak dari pasangan calon yang maju di Pilgub Jabar ini.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018