Depok (Antaranews Megapolitan) - Guru Besar Ilmu Manajemen Universitas Indonesia (UI) Prof Rhenald Kasali, Ph.D dinobatkan menjadi salah satu Manajemen Guru di dunia.

"Prestasi ini sekaligus menjadi pembuktian pengakuan dunia akan pendidikan Indonesia khususnya UI di kancah Internasional," kata Kepala Humas dan Keterbukaan dan Informasi Publik Dr Rifelly Dewi Astuti di Depok, Rabu.

Prof Rhenald menduduki peringkat ke-22 dan merupakan satu-satunya yang mewakili Indonesia pada World`s Top 30 Management Professionals for 2018 yang dirilis oleh lembaga riset The Global Gurus pada Juni 2018.?

Rhenald mengatakan mungkin tak ada ilmu lain selain ?manajemen dan strategi yang hidup dalam lingkungan yang sangat dinamis dan mengusik manusia untuk terus berpikir, mencari jalan keluar dan memberikan alternatif bagi dunia usaha, birokrasi dan pembangunan.

Berada dalam lingkungan Indonesia yang super dinamis adalah opportunity bagi ilmuwan Indonesia untuk menambah literatur dunia dan inspirasi bagi dunia usaha. Kami menghargai pengakuan Yayasan Global Gurus yang menaruh mata pada dinamika ilmuwan Indonesia.

Dikatakannya Indonesia kini dihadapkan pada Masyarakat Ekonomi ASEAN. Momentum tersebut harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda Indonesia.

"Jangan anggap persaingan global tersebut sebagai suatu ancaman melainkan sebagai kesempatan untuk meraih cakrawala yang lebih luas serta sebagai peluang Ekonomi Efisiensi (sharing economy) dan Kolaborasi Optimal untuk menciptakan produk maupun pelayanan menjadi lebih baik," katanya.

Penetapan World`s Top 30 Global Gurus didasarkan atas tujuh parameter yaitu opini publik (30 persen), Orisinalitas ide (30 persen), dampak yang dirasakan masyarakat atas ide-ide yang dimiliki (10 persen), kegunaan ide (10 persen), jumlah publikasi dan karya ilmiah (5 persen) dan presentation style & Guru Factor ?(15 persen).

Prof Rhenald Kasali meraih gelar profesornya dari UI pada tahun 2009. Sebelumnya, Prof Rhenald meraih gelar PhD dari University of Illinois. ? ? ?

Prof Rhenald telah banyak dipercaya memimpin transformasi, di antaranya menjadi pansel KPK sebanyak empat kali dan menjadi praktisi manajemen. Prof Rhenald juga memiliki ?Rumah Perubahan? ? sebuah training center yang telah menjadi role model dari social business di kalangan para akademisi dan penggiat sosial yang didasari entrepreneurship dan kemandirian. ??

Sejumlah buku karya Prof Rhenald di antaranya Sembilan Fenomena Bisnis (1997), Change! (2005), Recode Your Change DNA (2007), Cracking Zone (2011) dan Self Driving: Menjadi Driver atau Passenger (2014).

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018