Jakarta (Antaranews Megapolitan) - PT Kereta Api Indonesia mulai 12 Juni mengoperasikan kereta kelas mewah jenis "sleeper" jurusan Jakarta-Surabaya, bertarif Rp900 ribu per penumpang dengan kapasitas 18 kursi.

Direktur KAI Edi Sukmoro di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa mengatakan, "Saya sampaikan kesempatan ini adalah untuk melepas kereta yang biasa disebut 'sleeper' dari Jakarta ke Surabaya untuk 'test market' apakah masyarakat menghendaki ini." 

Edi mengatakan, tarifnya masih promo, yaitu Rp900 ribu hingga satu bulan mendatang, dan satu kereta hanya berisi 18 kursi berfasilitas tempat tidur.

"Kami juga memberikan fasilitas seluruhnya, makan-minum gratis, sekaligus juga televisi, pengecas, semua ada. Yang pasti kami hanya menyediakan empat kereta," katanya.

Empat kereta tersebut akan resmi beroperasi pada 12 Juni  dalam rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Pasar Turi PP.

Dia menuturkan apabila permintaan pasar meningkat, maka akan ditambah rute dan frekuensi perjalananya, termasuk di jalur selatan.

"Kalau memang diminta, jalur selatan mungkin akan digandeng," katanya.

KAI juga akan menambah kereta apabila perjalanan ditambah.

"Yang pasti mau saya sampaikan karena ini produk lokal Inka seperti sudara sendiri jadi 'enggak' susah kalau mau pesan," katanya.

Kereta 'sleeper' merupakan empat dari seluruh jenis kereta, yaitu 438 kereta yang dipesan oleh KAI.

Edi mengatakan, pengoperasian kereta "sleeper", selain untuk menjawab permintaan masyarakat, juga merupakan wujud inovasi KAI dalam meningkatkan pelayanan.

"Dengan adanya pelayanan 'luxury class' ini, masyarakat lebih banyak pilihan kelas perjalanan sesuai dengan tarif dan pelayanan," katanya.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018