Depok, 29/1 (ANTARA) - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, menargetkan terminal Tipe A Jatijajar di Kecamatan Tapos dapat  dioperasionalkan pada akhir 2013.

"Saat ini penyelesaiannya tinggal 30 persen lagi, sedangkan 70 persen sudah dilaksanakan," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok Misbahul Munir di Depok, Selasa.

Ia berharap dengan rampungnya penyelesaian pembangunan akan menjadi sentral perjalanan dari dan ke kota sehingga diharapkan  dapat menguraikan kemacetan dan tumpukan angkot di Jalan Margonda Raya.

Ia menjelaskan pembangunan tahap pertama akan bisa dilakanakan pada akhir 2013. Pembangunan jalan dan jembatan keluar masuk terminal, dan pagar, hingga implacement sedang dikerjakan.

Selain itu katanya sampai saat ini pembebasan lahan terus diupayakan. Itu dilakukan untuk membangun jalan tembus terminal Jatijajar menuju tol Cinere Jagorawi (Cijago).

Dikatakannya akses jalan tembus ini untuk bus besar yang mengarah ke Jakarta atau luar kota. Memang pembangunannya serentak dengan Tol Cijago.

"Proses pembangunan akses tembus jalan itu kami upayakan rampung akhir tahun," katanya.

Dikatakannya saat ini seluruh penanganan kontrusksi pekerjaan terminal itu ditangani oleh Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kota Depok. Sementara, untuk lokasi pengaturan lalulintas dikerjakan oleh Dinas Perhubungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok, Enco Kuryasa menyatakan pembangunan terminal lanjutan sedang dilakukan tender dan ditargetkan selesai pada Oktober 2013.

Dikatakannya untuk jembatan akses masuk terminal Jatijajar dan jalan utama sepanjang 300 meter dilakukan bersamaan. "Kami harap pada akhir 2013 terminal bisa difungsikan," katnaya.

Feru L

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013