Bogor (Antaranews Megapolitan) - Selama sepuluh  terakhir ini Institut Pertanian Bogor (IPB) selalu mendominasi perolehan karya inovasi perguruan tinggi paling prospektif yang dikeluarkan Business Innovation Center (BIC) dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI). Hal inilah yang mendasari IPB semakin diakui sebagai kampus paling produktif dalam menghasilkan karya inovasi yang memberikan manfaat untuk nasional maupun global.

Berdasarkan hasil rekapitulasi terhadap karya-karya inovasi sejak tahun 2008 hingga tahun 2017 menunjukkan bahwa BIC telah menyeleksi sebanyak 1.045 karya inovator Indonesia dari 4.555 proposal. Pada kategori universitas riset di Indonesia, IPB tercatat sebagai peringkat pertama inovasi terbanyak dengan total inovasi mencapai 417 karya inovator.

Artinya IPB berhasil menyumbang 39,91 persen dari total karya 1.045 inovasi dan mendominasi inovasi serta riset kategori  perguruan tinggi. Peringkat kedua diraih  Universitas Indonesia, dan peringkat ketiga oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), disusul  Institut Teknologi Bandung (ITB). Ini merupakan wujud   komitmen IPB untuk terus mengembangkan riset dan inovasi yang prospektif di masyarakat.

Rektor IPB, Dr Arif Satria mengungkapkan bahwa pencapaian ini sebagai hasil kinerja dan kolaborasi bersama dari berbagai komponen IPB. IPB akan terus berkomitmen untuk tetap menjadi perguruan tinggi paling inovatif.

“Saya sangat bersyukur, IPB tetap terpilih sebagai perguruan tinggi nomor satu untuk inovasi terpilih paling prospektif terbanyak berdasarkan kajian Business Innovation Center (BIC). Hal ini merupakan hasil kinerja bersama dari berbagai komponen di IPB. Saya mengucapkan selamat kepada para inovator yang karyanya terpilih. Semoga karya nyata ini dapat dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Saya juga mendorong agar para dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan terus bekerja sama dengan baik, agar prestasi ini dapat dikembangkan dan ditingkatkan pada masa mendatang,” ungkapnya.

BIC dan Kemenristekdikti RI, tiap tahun menggelar Program 108 Inovasi Indonesia. Program yang digelar sejak tahun 2008 ini bertujuan memilih 108 karya inovasi paling prospektif dan memiliki potensi komersialisasi.  (UNA/ris)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018