Pesawaran, Lampung (Antaranews Megapolitan) - Pjs. Gubernur Provinsi Lampung, Didik Suprayitno melakukan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Iman, Desa Batang Hari Ogan, Kecamatan Tegineneng,  
Kabupaten Pesawaran, Selasa (29/5/2018).

Pada kesempatan itu, Didik mengajak masyarakat Pesawaran menjaga Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama muslim), dan mendukung pembangunan Provinsi Lampung.

"Acarra ini kita jadikan momentum untuk saling menjaga Ukhuwah Islamiyah serta menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, rasa saling percaya terhadap saudara seakidah, dan meningkatkan kualitas keimanan, ketaqwaan kita kepada Allah SWT," ujar Didik.

Didik juga meminta kepada masyarakat di Provinsi Lampung untuk terus mendukung pembangunan. Menurutnya, terdapat beberapa indikator makro bahwa pembangunan Provinsi Lampung mengalami perbaikan, dan menunjukkan hasil yang cukup membanggakan dalam kurun tiga tahun terakhir.

"Telah banyak pembangunan di Lampung yang mengalami perkembangan yang cukup pesat di berbagai aspek kehidupan, baik dari pertumbuhan ekonomi maupun infrastruktur," katanya.
 
Pembangunan tersebut, di antaranya yakni Program Gerbang Desa, yang ditargetkan 380 desa dapat terangkat dari status tertinggal pada tahun 2018, dan Program Lampung Kompeten menargetkan sertifikasi kompetensi bagi 196.850 profesi selama 2016-2019.

Lalu, Program Listrik Desa, di mana di 2017 bakal mengaliri 26 desa, di 2018 sebanyak 38 desa dan 2019 sebanyak 34 desa yang pada akhirnya mewujudkan Lampung Terang 2019, serta melakukan sertifikasi terhadap 64 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di seluruh Lampung, dan ditargetkan 290 Puskesmas yang ada di seluruh Lampung meraih akreditasi pada 2018.

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)

Selain itu, pembangunan yang juga terus berjalan yakni Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang segera dioperasikan pada tahun 2018.

Juga pembangunan Bandara Radin Inten II menjadi Embarkasi Haji Penuh dan Bandara Internasional. Pembangunan lainnya, perbaikan dan penambahan fasilitas sarana dan prasarana Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), dengan target menjadi Rumah Sakit
Tipe A pada tahun 2019.

"Insyallah sebagian dari jalur jalan tol dapat digunakan untuk jalur mudik lebaran. Lampung akan terus semakin maju dengan dilakukannya terus pembangunan-pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.
 
Pembangunan di Kabupaten Pesawaran

Pembangunan Pemprov Lampung di Kabupaten Pesawaran sendiri, juga telah menunjukkan peningkatan dan hasil yang cukup memuaskan di berbagai bidang, terutama bidang infrastruktur. Di antaranya menargetkan kondisi jalan mantap 80 persen sepanjang 1.304,49 Km untuk mendukung konektivitas serta akses pariwisata.

Provinsi Lampung tetap memerioritaskan ruas jalan Padang Cermin -Teluk Kiluan, Way Umbar dan Sp. Umbar-Putih Doh, di Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Tanggamus.

"Saya mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran dan segenap masyarakat, untuk saling bahu-membahu mendukung pelaksanaan program pembangunan baik yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Pesawaran maupun Provinsi Lampung," katanya.

Pada bagian lain, Didik menyinggung masalah pencegahan terorisme yang sedang melanda di beberapa tempat di Indonesia.

Pjs. Gubernur Lampung itu mengajak masyarakat agar selalu waspada serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar-masyarakat. "Bila ada yang mencurigakan segera laporkan kepada aparat keamanan," ujarnya lagi.

Sementara itu, ucapan selamat datang disampaikan oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona atas kehadiran Pjs. Gubernur Lampung beserta jajaran Pemprov Lampung.

"Atas nama masyarakat, saya ucapakan selamat datang kepada Pak Pjs. Gubernur Lampung beserta rombongan di Kabupaten Pesawaran, tepatnya di Desa Batang Hari Ogan, Kecamatan Tegineneng," katanya.
 
Dendi mengatakan pula bahwa Kecamatan Tegineneng merupakan salah satu daerah yang dilalui jalan tol. Dia berharap hal tersebut akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat sekitar.

"Insyallah atas pembangunan jalan tol ini bisa bermanfaat nantinya oleh masyarakat, khususnya Pesawaran umumnya masyarakat Lampung. Dengan adanya pembangunan jalan tol akan ada kawasan ekonomi baru tumbuh, yang fungsinya bagaimana mencari peluang usaha baru, tenaga kerja baru, bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Tegineneng," ujarnya.

Pada Safari Ramadhan itu juga dilakukan penyerahan bantuan dari Pemprov Lampung berupa 100 paket sembako untuk kaum dhuafa.
 
Selain itu, ada juga penyerahan bantuan dari Pemkab Pesawaran berupa hibah untuk masjid sebesar Rp5 Juta dan ambal sebanyak dua gulung.

Lalu, bantuan 'bedah rumah' layak sehat sebesar Rp16 Juta untuk dua rumah dari Baznas Kabupaten Pesawaran, dan Program Sedekah (Beras Sedekah) sebanyak 100 paket untuk kaum dhuafa, serta santunan untuk anak yatim. (RLs/Humas Prov/ANT/BPJ/MTh).

Pewarta: Oleh: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018