Cibinong, Bogor (Antaranews Megapolitan) - Polres Bogor, Jawa Barat, mengerahkan 800 personil untuk berjaga-jaga dan melakukan pemeriksaan pada tempat ibadah yang ada di wilayah hukum setempat.

"Ini dilakukan agar peristiwa di Surabaya, Jawa Timur, tidak terjadi pada wilayah hukumnya, serta memberikan rasa aman bagi masyarakat yang hendak beribadah," kata Kepala Polres Bogor, AKBP Andi M Dicky di Cibinong, Minggu.

Menurut dia pengamanan tersebut harus ada, dimana dengan adanya teror yang merujuk dengan merugikan kepentingan orang lain maka dapat memecah persatuan maupun kesatuan.

Oleh sebab itu maka perlunya keberadaan aparat penegak hukum dalam memberikan rasa aman terhadap masyarakat. Dan kegiatan ini tidak hanya berada pada lingkup tempat ibadah, melainkan pusat keramaian.

Ini harus ada penjagaan ekstra ketat, dimana pelaku-pelaku kejahatan sering kali melakukan tidak pada satu titik saja. Hal itu harus ada pencegahan sebelum terjadi.

"Apalagi ini masa puasa guna menyambut Ramadhan 1439 H, yang dimana masyarakat umat Muslim dapat merayakan dengan kekhusukan beribadah, tetapi bila ada masalah dan takut karena ketidaknyamanan maka tidak khusuk," katanya.

Maka pada saat ini kepolisian akan terus melakukan patroli keliling, dan menempatkan anggotanya pada daerah-daerah rawan kejahatan dan sekitarnya. Ini tentunya juga meminta jajarannya untuk terus melakukan antisipasi dengan mengungkap segala kasus.

Ia menambahkan dalam penjagaan ini juga melakukan pemeriksaan barang bawaan pada sekitar daerah perbatasan maupun razia kesejumlah tempat hiburan malam yang masih tetap buka.

"Tapi kegiatan ini harus ada dukungan dari masyarakat dan turut serta menggalahkan wajib lapor 1x24 jam maupun sistem ronda. Ini adalah peran aktif bersama dalam menjaga daerah atau lingkungannya," katanya.

Dalam upaya pengamanan ini memang sudah harus berubah dan meminta kesadaran masyarakat untuk lebih memiliki rasa kepedulian dan berjiwa besar untuk segala hal.

Lanjut AKBP Dicky menjelaskan dalam kondisi untuk saat ini memang sudah menjadi satu keharusan dan dimana peran serta kepolisian adalah memberikan rasa aman, nyaman maupun memberikan kondusifitas kepada masyarakat.

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018