Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Dinas Koperasi, UKM, Peridustrian dan Perdagangan (Diskopukmpp) Kota Sukabumi, Jawa Barat memastikan ketersediaan pangan mencukupi menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Dari pantuan kami penyaluran dan pendistribusian barang khususnya pangan lancar dan belum ada informasi terjadinya kendala dalam pengirimannya," kata Kepala Diskopukmpp Kota Sukabumi Ayep Supriatna di Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, untuk harga bahan pangan hingga H-2 Ramadhan masih relatif stabil, serta fluktuasinya pun masih dalam batas kewajaran. Selain itu, permintaan pun tetap normal walaupun ada peningkatan tetapi tidak terlalu berpengaruh.

Namun demikian, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai instansi terkait khususnya dengan Perum Bulog Sub Divre II Cianjur untuk mengantisipasi terjadinya melonjaknya permintaan barang kebutuhan pokok.

Masyarakat pun diimbau agar tidak khawatir apalagi sampai melakukan aksi borong karena akan berpengaruh terhadap persediaan dan harga. Tapi pihaknya menjamin persediaan pangan tetap terpenuhi hingga pascalebaran.

"Kami tetap melakukan pengawasan dan mendata pergerakan harga pangan secara rutin. Jika ditemukan adanya kekurangan dan terjadi lonjakan harga bisa langsung diantisipasi," tambahnya.

Ayep mengatakan untuk mengendalikan persediaan dan harga pangan memang perlu adanya kerjasama dengan seluruh instansi dan juga distributor. Jangan sampai ada keterlambatan pengiriman sehingga persediaan berkurang imbasnya harga menjadi naik.

Lanjut dia, Pemprov Jabar pun sudah memiliki tim khusus untuk melakukan pengawasan sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Dalam pengawasan ini pun kami berkolaborasi dengan Tim Satgas Pangan Kota Sukabumi, jika ditemukan adanya kejanggalan seperti penimbunan maka satgas tersebut langsung bergerak untuk melakukan penyelidikan," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018