Bogor (Antaranews Megapolitan) - Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, terkait kesepakatan kerja sama dalam memanfaatkan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di sektor pendidikan, pertanian, penelitian dan pengabdian masyarakat. Acara penandatanganan MoU berlangsung di Kampus IPB Dramaga, Kamis (26/4). 
 
Rektor IPB, Dr. Arif Satria mengatakan, kerjasama ini untuk memperkuat program pengembangan masyarakat dan pemerintah, sehingga hasil-hasil karya IPB baik inovasi, pemikiran dan teknologi bisa dimanfaatkan di masyarakat. IPB juga akan mengembangkan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Kabupaten Barito Kuala. 

Sentra Peternakan Rakyat dan Sekolah Peternakan Rakyat merupakan dua hal yang saling melengkapi dalam rangka tata ulang peternakan rakyat. Sentra Peternakan Rakyat lebih diarahkan ke hardware-nya dalam bentuk pemberian fasilitas untuk kebutuhan peternak sedangkan Sekolah Peternakan Rakyat lebih ke software atau perbaikan mental  dan cara berpikir peternak.

“Kampus dapat memanfaatkan SPR sebagai laboratorium penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Persatuan dan kekompakan unsur pemerintah, perguruan tinggi, dan peternak harus makin kuat dalam mewujudkan kemandirian dan kedaulatannya dalam berkontribusi membangun peternakan secara nasional,” kata Rektor.

Rektor juga berharap kerjasama antara IPB dan Kabupaten Barito Kuala dapat terjalin dengan baik, bukan dalam bidang pertanian dalam arti luas saja, akan tetapi bidang pendidikan juga lebih ditingkatkan melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dengan mendatangkan dan membiayai siswa terbaik  Kabupaten Barito Kuala untuk kuliah di IPB.

Wakil Bupati Barito Kuala, Rahmadian Noor, menyambut baik kerja sama ini. Kabupaten Barito Kuala memiliki sumberdaya alam yang potensial untuk dikembangkan, khususnya pengembangan di bidang peternakan, pertanian, dan perikanan yang sangat prospektif.
 
"Untuk pengembangan potensi tersebut dibutuhkan kajian dan analisis mendalam, sentuhan lebih proporsional dan profesional agar lebih produktif," ujarnya. 

Ia menambahkan, dalam bidang sumberdaya manusia (SDM), Provinsi Kalimantan Selatan ingin mengembangkan kerja sama pada bidang pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas SDM.

"Kami yakin dengan sentuhan tangan-tangan dari IPB, pertanian, peternakan dan perikanan  di Kabupaten Barito Kuala bisa berkembang mulai hulu sampai hilir. Saya menyambut baik kerjasama bidang pendidikan melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) dengan mendatangkan siswa yang terbaik untuk belajar di IPB, sehingga nantinya dapat kembali ke daerah untuk membangun Kabupaten Barito Kuala sesuai dengan kompetensi nya masing-masing,” ujarnya.

Kerjasama ini ditandatangani, Rektor IPB, Dr. Arif Satria dan Wakil Bupati Barito Kuala, Rahmadian Noor.

Turut hadir sejumlah pejabat diantaranya Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB, Dr. Aji Hermawan, Wakil Kepala LPPM bidang Penelitian, Prof.Agik Suprayogi,  Wakil Kepala LPPM bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Prof.Dr. Sugeng Heri Suseno, dan sejumlah undangan dari kedua institusi. (Awl/ris)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018