Sukabumi (Antaranews ) - Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengasuransikan hewan ternak khususnya sapi yang merupakan progam Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).

"Progam AUTS untuk meringankan beban peternak ketika ternak mati atau hilang. Sehingga ada jaminan pengganti jika ada sapinya yang benar-benar mati atau dicuri dengan dilengkapi bukti," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Wilayah II Peternakan dan Pelayanan Kesehatan Hewan Kabupaten Sukabumi Sri Purnama di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, usaha peternakan memang banyak resikonya seperti tertular penyakit, kematian hingga pencurian sehingga perlu adanya asuransi untuk mengantisipasi kerugian yang lebih besar diderita peternak.

Lanjut dia, peternak bisa lebih fokus dengan usahanya karena sada jaminan buat mereka jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan, kematian dan terserang wabah penyakit.

"Dengan adanya jaminan ini, peternak tidak lagi khawatir dalam menjalankan usahanya karena ada asuransi yang menjaminnya tersebut," tambahnya.

Sri mengatakan bagi peternak yang ingin ikut progam AUTS tersebut hanya dikenakan biaya Rp40 ribu. Walapun Sebenarnya total untuk pembayaran AUTS ini Rp200 ribu tetapi disubsidi oleh pemerintah pusat sebesar Rp160 ribu.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018