Depok (Antaranews Megapolitan) - Wali Kota Depok Mohammad Idris memaparkan keberhasilan meraih sejumlah penghargaan di tingkat nasional ketika menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kota Depok yang jatuh pada 27 April.

"Memasuki usia ke-19, Kota Depok telah berhasil meraih sejumlah penghargaan di tingkat nasional," kata Mohammad Idris di Gedung DPRD Kota Depok, Kamis.

Idris menjelaskan Kota Depok telah berhasil meraih Piala Adipura 2017 kategori Kota Metropolitan? dan penghargaan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama enam kali berturut-turut sejak 2011.

"Semua capaian ini berkat peran banyak pihak yang mampu bersinergi dan berupaya bersama pemerintah termasuk DPRD," jelasnya.

Wali Kota menyampaikan tema perayaan hari jadi ke-19 Kota Depok yaitu `Depok, Kota Cerdas dan Berbudaya?. Tema tersebut dipilih dikarenakan Kota Depok terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang ber-IMTAK (Iman dan Takwa) dan ber-IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

"Tak hanya itu dikarenakan juga Depok menuju kota yang unggul pelayanannya, nyaman lingkungannya, religius masyarakatnya," ujarnya.

Lebih lanjut Idris mengatakan Iptek ini berkaitan dengan Kota Cerdas dimana dua program yang telah direalisasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan mendorong terwujudnya e-budgeting, serta penerapan aplikasi Sistem Terintegasi Untuk Aspirasi dan Pengaduan (SIGAP).

"Melalui aplikasi SIGAP, masyarakat yang ingin mengirimkan pengaduan bisa melalui aplikasi SIGAP yang bisa diunduh di versi android. Dengan aplikasi tersebut, setiap kejadian bisa langsung dilaporkan dengan foto kejadian dan diunggah di dalam aplikasi," jelas Idris.

Begitu juga transparansi anggaran melalui e-budgeting yang nantinya untuk membuat sistem keuangan yang disimpan secara online. Tujuannya adalah untuk transparansi bagi setiap pihak.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD karena telah menjalin sinergitas dengan pemerintah, dalam melayani masyarakat dengan baik," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018