Bogor (Antaranews Megapolitan) - Sebagai upaya mempersiapkan misinya pada event The 54th Montreux Choral Festival, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Agria Swara Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar konser pra-kompetisi. Konser pra-kompetisi yang digelar di Aula Simfoni Jakarta (18/3) ini mengangkat tema “Gita Narapraya”.

Penanggung jawab konser, Dandy Ramadi yang juga mahasiswa dari Departemen Matematika IPB mengatakan tema “Gita Narapraya” memiliki makna sebuah harapan untuk dapat berkarya dan berprestasi melalui seni musik.

“Melalui konser pra-kompetisi ini kami sangat berharap nanti di Swiss kami bisa mengharumkan nama Indonesia kembali,” kata Dandy.

Konser pra-kompetisi ini terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, PSM Agria Swara IPB menampilkan lagu-lagu kompetisi yang akan dibawakan pada kompetisi di Swiss akhir Maret nanti. Lagu-lagu yang dibawakan merupakan lagu-lagu dari komposer ternama dunia, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Lagu-lagu tersebut dibawakan dalam berbagai jenis bahasa di antaranya bahasa Inggris, Latin, Italia, Jerman, dan bahasa Perancis.

Pada sesi kedua, PSM Agria Swara menampilkan lagu-lagu daerah kenamaan Indonesia yang dikemas secara cantik dengan tarian khasnya. Lagu-lagu tersebut dibawakan sebagai misi budaya PSM Agria Swara sekaligus memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia di Swiss nanti.

Dalam konser pra-kompetisi ini turut hadir Rektor IPB, Dr. Arif Satria, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Ir. Agus Purwito, M.Sc.Agr, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Dr. Ir, Drajat Martianto, M.Sc., Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, dan Direktur Bank Rakyat Indonesia Tbk, Triawan Munaf.

“Kami sangat berharap dengan diadakannya konser pra-kompetisi ini dapat memberikan semangat kepada tim Agria Swara untuk terus berprestasi melalui seni musik dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional,” kata Dr. Arif Satria dalam sambutannya.

Turut hadir dalam konser pra-kompetisi ini juga artis-artis ternama Indonesia, seperti Viky Sianipar, Putri Ayu, dan Maria Calista. Adapun penonton yang hadir berasal dari kalangan mahasiswa, Himpunan Alumni IPB, dosen IPB, dan masyarakat umum.

Kompetisi The 54th Montreux Choral Festival akan berlangsung selama 3 hari, 4-7 April 2018 bertempat di Swiss. Konser ini nanti akan diikuti oleh 40 anggota PSM Agria Swara yang terdiri dari mahasiswa sarjana dan mahasiswa Pasca sarjana IPB.(Rosyid/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Dandy Ramadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018