Jakarta (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah daerah belum fokus dalam menangani permasalahan sampah. Kondisi itu terlihat dari perencanaan anggaran dan kebijakan strategis di setiap daerah.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, pemerintah daerah juga harus fokus pada masalah dan upaya penanganan sampah di daerahnya.

"Dalam perencanaan anggaran masih belum fokus. Kebijakan strategis daerah, masalah sampah beserta limbah belum masuk. Dalam konteks pengelolaan sampah ini juga belum muncul ide inovasi dalam musrembang, semua hanya bicara masalah infrastruktur," kata Mendagri di Jakarta, Selasa.

Hal itu disampaikan Tjahjo pada Rakornas Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga yang dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam rapat tersebut, ada 10 kabupaten dan kota yang menjadi contoh dalam penanganan sampah diantaranya DKI Jakarta, Denpasar, Tangerang, Bandung dan Bogor.

Ia mengatakan masalah sampah bisa mengganggu  berbagai aspek contohnya seperti di Kuta Bali, masalah sampah bisa menghambat sektor pariwisata. Karena itu, dirinya menyayangkan masih banyak daerah yang belum fokus pada penanganan sampah, termasuk dari segi anggaran.

Disebutkan, penanganan sampah tidak bisa dikerjakan sendiri oleh pemerintah karena itu pemda harus mampu menggandeng ormas-ormas yang ada di daerah.

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018