Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Sebanyak 14.389 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di tujuh kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat, menerima Bantuan Pangan Nontunai (BNPT) pada 2018.

"Pada tahap pertama penyaluran BNPT sesuai data `existing` di 2018 ini yakni sebanyak 11.155 KPM," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Seketariat Daerah Kota Sukabumi Deden Solehudin di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, dalam pelaksanaan penyaluran BNPT ini pihaknya sudah melakukan diseminasi dan sosialisasi yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat miskin penerima BPNT.

KPM tersebut akan mendapatkan bantuan berupa beras dengan kualitas premium sebanyak lima kilogram dan telur ayam 2,1 kilogram dengan harga di bawah harga pasar.

Penyaluran BNPT tersebut bekerja sama dengan Bank BNI 46 sehingga masyarakat bisa mengambilnya ke mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di daerahnya terdekat.

Baca juga: Anak sukabumi miliki akta kelahiran

Selain itu, Pemkot juga mengapresiasi para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), relawan relawan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan fasilitator sistem layanan rujukan terpadu telah membantu mensukseskan progam BPNT.

"Progam ini juga berkat kerja sama pengurus RT dan RW dengan memberikan data yang akurat dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di daerahnya masing-masing," tambahnya.

Deden mengatakan progam BNPT bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, agar tingkat ekonomi dan daya belinya bertahap meningkat dengan tujuan akhir warga tersebut tidak lagi mengandalkan bantuan dari pemerintah atau menjadi keluarga sejahtera.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018