Chicago (Antaranews Megapolitan/Xinhua) - Mengapa harga emas turun lagi?. Dilaporkan karena tertekan penguatan Dolar Amerika Serikat (AS). Ini berita lengkapnya.

Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena dolar AS menguat dan para investor mempertimbangkan data ekonomi terbaru untuk petunjuk mengenai laju kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April, turun 5,9 dolar AS atau 0,44 persen, menjadi ditutup pada 1.321,7 dolar AS per ounce.

Berita Emas Sebelumnya:  Dua penyebab kontrak emas naik

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, meningkat 0,58 persen menjadi 90,163 pada pukul 15.00 waktu setempat (20.00 GMT).

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar AS naik maka emas berjangka akan turun, karena logam mulia yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Baca Juga: Harga emas turun tajam, Mengapa?

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei naik 0,6 persen atau 0,04 persen, menjadi menetap di 16,5 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan April turun 0,9 dolar AS atau 0,09 persen, menjadi ditutup pada 952,3 dolar AS per ounce.  

Penerjemah: A. Suhendar/A.F. Firman.

Pewarta: Reuters

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018