Cibinong (Antaranews Megapolitan) - Bupati Bogor Nurhayanti menyatakan menanggung biaya pasien tumor payudara, Ruminah (41) warga Kampung Dungus Biuk, Desa Babakan, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor yang terkendala biaya.

"Akan segera ditangani segala biaya menjadi beban Pemkab (Bogor)," kata Nurhayanti melalui pesan WhatsApp saat menerima informasi tersebut dari Antara, Minggu.

Bupati Bogor itu berjanji melakukan koordinasi secepatnya dengan perangkat daerah yang berwenang agar bantuan penanganan medis maupun akomodasi selama perawatan dan operasi ditangani Pemerintah Kabupaten Bogor.

Warga pengidap tumor payudara sebelah kiri Ruminah warga Kecamatan Tenjo itu terungkap, setelah keluarganya meminta bantuan relawan kesehatan setempat terkait biaya sehari-hari untuk proses pengobatan pada Sabtu (3/3).

Ruminah mengaku mulai merasakan gejala penyakit tersebut sekitar satu tahun lebih hingga kini membesar dengan hampir 30 centi meter (cm) tanpa pengobatan yang berarti.

Hal itu karena minder tidak memiliki biaya sehari-hari di rumah sakit dan akses jalan yang jauh, meskipun biaya medis telah ditanggung BPJS Kesehatan.

Dalam satu tahun mengidap tumor itu, ia sempat berobat ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang namun menyatakan tidak sanggup menangani penyakit tumornya.

Kemudian ia dirujuk kembali ke RSUD Kota Bogor dan dianjurkan rawat jalan, namun keluarganya tak sanggup membiayai ongkos dari Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor melintas ke RSUD Kota Bogor yang jaraknya sangat berjauhan.

Relawan Kesehatan Wilayah Bogor Barat Kabupaten Bogor Uun mengatakan keluarga Ruminah sempat menyampaikan diperbolehkan memakai fasilitas mobil desa namun membiayai sendiri bahan bakar kendaraan dan tanpa pendampingan desa.

Sebab itu, relawan kesehatan setempat telah berinisiatif menyumbangkan biaya sebanyak Rp1 juta dan beberapa bantuan sembako sebagai tindakan awal.

Hingga koordinasi bantuan Pemkab Bogor segera datang kepada keluarga pasien.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor Lenny Rachmawati menyampaikan pihaknya segara mengintruksikan pendampingan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) dalam proses pengobatan pasien Ruminah.

"Dan nanti saya akan usahakan untuk mendapat bantuan hibah perorangan untuk membantu biaya selama di rumah sakit," kata Lenny.

Pewarta: Linna Susanti & Mayolus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018