Bogor (Antaranews Megapolitan) - Personel Polres Bogor Kabupaten, Jawa Barat menangkap lima orang pemuda pelaku pelemparan batu ke mobil rombongan umrah yang ditumpangi Bima Arya Sugiarto, di Bogor, Minggu.

Kasubag Humas Polres Bogor Kabupaten Ita Puspita Lena menyatakan lima pelaku pelemparan tersebut merupakan simpatisan atau suporter bola Viking Persib Korwil Bogor Utara.

"Mereka itu berencana untuk melakukan penghadangan kepada suporter Persija yang hendak berangkat ke Jakarta untuk menonton pertandingan bola Piala Presiden," kata Ita.

Kelima pelaku pelemparan tersebut rata-rata berusia 25 sampai 29 tahun, yakni berinisial AE, AO, SA, YS, dan ESF yang berusia 23 tahun.

Menurut Ita, kelimanya ditangkap pada beberapa lokasi berbeda. AE ditangkap di Bogor Barat, AO ditangkap di Tanah Sareal, SA dan YS di Ciampea, serta ESF di Citeureup.

Kronologi pelemparan terjadi Sabtu (17/2) kemarin, sekitar pukul 14.30 WIB saat di lokasi tol Jagorawi terdapat 14 orang Viking yang bersiap di tempat kejadian.

"Tapi cuma lima orang yang melakukan pelemparan batu ke mobil rombongan umrah," kata Ita.

Para pelaku pelemparan mengira bus pariwisata dengan nomor polisi F 7950 AA yang ditumpangi 28 orang jemaah umroh termasuk Bima Arya dan keluarga sebagai suporter Persija, karena menggunakan syal berwarna oranye seperti warna Jakmania (suporter Persija).

Kini para pelaku terancam hukuman dijerat dengan pasal 170 KUHP berupa tindak pidana melakukan kekerasan terhadap orang atau barang secara bersama-sama dengan pidana penjara paling lama lima sampai enam bulan.

Untuk mengantisipasi terjadi gangguan kamtibmas usai pelemparan bus pengangkut rombongan umrah, seiring kemenangan Bali United atas Persija dalam pertandingan bola Piala Presiden. Jajaran Polres Bogor Kabupaten melakukan pengawalan.

Polres Bogor Kabupaten menyiapkan pengamanan di sejumlah titik yang dinilai rawan aksi bentrokan atau anarkisme oknum suporter bola itu.

Pengamanan dipimpin langsung Kapolres Bogor AKBP Andi Moch Dicky dengan melibatkan dua peleton Unit Sabhara bersenjata laras panjang dan gas air mata, serta 200 personel gabungan jajaran polsek setempat.

Pengamanan dimulai Sabtu malam pukul 21.00 hingga Minggu dini hari pukul 04.00 WIB.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018