Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, segera memperkenalkan aplikasi berbasisi Android bernama "Bekasi Iconic" yang mengintegerasikan 48 layanan publik ke dalam ponsel pintar.

"Bekasi Iconic akan mengintegerasikan 48 fitur sekaligus yang meliputi sistem pengaduan masyarakat, mesin pencarian data layanan, pelayanan secara `online`, dan lainnya," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Kota Bekasi Titi Masrifahati di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, aplikasi tersebut mengintegerasikan layanan dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Bekasi, seperti Dinas Pemadam Kebaran, Dinas Kesehatan, unit reaksi cepat (URC), dan kepolisian.

"Masyarakat sudah tidak perlu lagi mengunduh satu per satu aplikasi untuk membuat aduan atau pelaporan. Cukup dalam satu genggaman saja," katanya.

Titi mengatakan bahwa laporan yang sampai ke OPD terkait akan langsung direspons berupa jawaban dan penanganan masalah.

Selain fasilitas pelaporan, kata dia, Bekasi Iconic juga menyajikan mesin pencarian berita untuk mendukung informasi masyarakat terkait dengan produk-produk terbaru pemerintah daerah.

Layanan lainnya yang juga terkoneksi di aplikasi tersebut adalah informasi seputar operasional Mal Pelayanan Publik (MPP) di Bekasi Junction Jalan Ir. H. Djuanda, Bekasi Timur.

MPP yang diresmikan operasionalnya pada hari Senin (12-2-2018) mengintegerasikan layanan administrasi public, seperti pembuatan SIM, STNK, pembayaran PBB, dan perizinan dalam suasana mal.

"Kami sedang merancang sistem pengisian formulir pemohon secara `online` untuk mengakses layanan MPP," katanya.

Bekasi Iconic juga akan terintegrasi dengan sejumlah informasi harga pasar yang berkaitan dengan Sembako, jumlah kamar rumah sakit, lowongan pekerjaan, majalah, dan lainnya.

Aplikasi tersebut rencananya akan dipersembahkan oleh Diskominfosandi kepada masyarakat Kota Bekasi yang akan dirangkai menjelang hari jadi daerah ke-20 pada tanggal 10 Maret 2018.

"Rencananya besok, Rabu (14-2-2018), akan kami `launching` Bekasi Iconic di Taman Rusa Perkantoran Pemkot Bekasi," katanya.
(Advertorial Humas Pemkot Bekasi).

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018