Bogor (Antaranews Megapolitan) - Berawal dari keresahan yang dirasakan oleh M. Al Falah, mahasiswa Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian (Faperta) Institut Pertanian Bogor (IPB) dan teman-temannya saat menjadi panitia di beberapa acara besar di IPB, tercetuslah ide membuat platform yang dinamai dengan Eventarich. Eventarich adalah platform yang akan memberikan informasi penting seputar event-event yang ada di IPB dan Bogor. Eventarich akan memberikan informasi mengenai jadwal event yang ada di IPB, kontak penjaga ruangan, dan kontak person logistic.

''Perguruan Tinggi lain sudah berkembang pesat dalam pelaksanaan event, khususnya dalam bidang kemahasiswaan. Eventarich hadir untuk mengajak segenap keluarga mahasiswa IPB melakukan sebuah gebrakan baru memaknai arti event itu sendiri,'' ujar Falah, Founder Eventarich.

Dengan adanya platform ini, Falah berharap bahwa anggapan tentang event adalah sesuatu yang menghabiskan dana untuk hal yang mubadzir harus diubah. Event bukan untuk hura-hura saja, tetapi event digelar dengan tujuan mengambil nilai-nilai baik yang ingin diangkat dari diadakannya event itu sendiri.

''Contohnya IPB ingin melakukan program GO GREEN, maka perlu diadakan suatu event yang dapat digunakan untuk mengambil nilai GO GREEN dengan cara penanaman bibit atau pendidikan tentang 3R (Reduce, Reuse, Recycle),'' jelas Falah.

''Event-event yang dilaksanakan di kampus diharapkan mampu membangkitkan semangat kehidupan kampus IPB. Sehingga kehidupan kampus tidak terkesan monoton,'' imbuhnya.

Falah berharap Eventarich bisa bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi dan Fakultas, juga mampu mengembangkan hingga ke Kota dan Kabupaten Bogor, tempat kampus IPB berada.

''Selain itu, tercetusnya Eventarich ini mampu menjadi solusi dalam pengadaan dana, sehingga anggaran yang seharusnya digunakan untuk mengadakan event dapat dialihkan ke teman-teman yang membutuhkan dana untuk lomba dan sebagainya. Akhirnya, kita mampu mandiri dalam membuat setiap event yang ada di IPB, tentunya masih dengan menggunakan kaidah-kaidah yang kampus IPB,'' harap Falah.(DI/nm)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/M. Al Falah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018