Sukabumi (Antaranews Megapolitan) - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan berbagai potensi sektor sumberdaya alam di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Daerah ini punya potensi SDA yang melimpah, namun belum termanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya," katanya di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, adapun potensi alam yang bisa dimanfaatkan mulai dari laut, sungai, pertanian, perkebunan dan lain-lain. Bahkan khususnya untuk laut, potensinya baru termanfaatkan di bawah 50 persen.

Lanjut dia, potensi alam dapat dijadikan modal daerah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jika termanfaatkan semuanya atau diberdayakan masyarakat maka pertumbuhan ekonomi akan semakin pesat.

Selain itu, pihaknya juga mendorong warganya agar tidak memilih kerja di pabrik atau menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Padahal, jika memanfaatkan potensi yang dimiliki seperti pariwisata, usaha kecil menengah (UKM) dan lain-lain bisa meningkatkan taraf ekonomi keluarga.

"Kami (pemerintah) pastinya membantu masyarakat yang ingin mengembangkan atau mengelola potensi SDA tersebut mulai dari pelatihan, penyediaan alat hingga bantuan modal usaha," tambahnya.

Marwan mengatakan sangat disayangkan jika potensi SDA yang ada ini tidak dimanfaatkan, apalagi pemerintah pusat sudah melirik Kabupaten Sukabumi sebagai daerah yang mempunyai potensi SDA melimpah.

Perhatian pusat terhadap kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali ini dibuktikan dengan pembangunan berbagai fasilitas seperti percepatan pembangunan jalan tol, jalur ganda kereta api hingga pembangunan bandar udara (bandara).

Dengan demikian, masyarakat harus bisa memanfaatkan potensi alam dan pembangunan ini agar tidak kalah bersaing dengan warga pendatang baik dari luar daerah maupun luar negeri.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018