Bekasi (Antara Megapolitan) - Muda dan bertalenta, mungkin itulah deskripsi yang pas untuk Danny Maulana, seorang Duta Institut (DI)  dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB), angkatan 51 (2014). 

Duta Institut merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh IPB bagi mahasiswanya untuk membantu melaksanakan kegiatan promosi IPB, membantu menyukseskan kegiatan-kegiatan institut, serta menjaga citra diri institut dalam berbagai kesempatan. 

Danny  mengungkapkan bahwa ia termotivasi untuk bergabung menjadi duta karena ingin memberikan kontribusi positif untuk institusi tempatnya menuntut ilmu. 

Mahasiswa berprestasi Departemen ITP tahun 2017 ini juga mengatakan bahwa menjadi seorang duta IPB  adalah hal yang sangat menantang, sebab menjadi seorang duta berarti harus bisa merepresentasikan citra positif  IPB di mata khalayak. 

“Saya memiliki beberapa hobi. Saya suka menulis dan saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur I Forum for Scientific Studies (Forces). Selain itu, saya juga menyukai hal berbau seni. Saya mengikuti kelompok vokal bernama Hexapella yang bergerak di bidang vokal grup. Dari Hexapella ini, saya telah berhasil memenangkan beberapa kejuaraan baik yang diadakan dari IPB atau pun dari luar. Saya juga hobi dalam menggambar dan graphic design,” ujarnya.

Mahasiswa asal Mojokerto Jawa Timur ini aktif di Ikatan Mahasiswa Jawa Timur dan pada tahun 2017 menjadi perwakilan putra Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) Jawa Timur di acara Gebyar Nusantara (Genus) IPB. Berangkat dari Genus, ia berhasil menyabet kategori Putra Omda Intelegensia 2017.

“Saya juga sangat menggemari pengabdian masyarakat. Selama kurang lebih dua tahun saya tergabung dalam Generasi Cerdas Iklim. Sebuah organisasi non formal dan non profit yang bergerak dalam bidang pendidikan preventif kuratif terhadap bencana untuk anak-anak yang tinggal di daerah rawan bencana,” paparnya.

Danny juga turut aktif dalam kepanitiaan kegiatan nasional maupun internasional, seperti kegiatan tahunan Pekan Ilmiah Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) tahun 2016 dan 2017; 2nd Food Product Development Competition se-Asia Tenggara; Tri University International Joint Seminar and Symposium; Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) We Are Ready 2016; dan pengabdian masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Pewarta: Oleh Jurnalis IPB

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017