Bogor (Antara Megapolitan) - Kegemukan atau obesitas pada hewan merupakan penumpukan lemak yang sangat tinggi dalam tubuh, sehingga menyebabkan berat badan berada di luar batas ideal. Obesitas dapat memicu terjadinya penyakit diabetes.

Prof. Tutik Wresdiyati, peneliti dari Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit gangguan metabolisme karbohidrat yang ditandai dengan hiperglikemia (gula darah relatif tinggi).

Penyakit DM dapat menyebabkan komplikasi beberapa penyakit seperti penyakit jantung, gagal ginjal, retinopathy dan lain-lain.

Komplikasi tersebut akibat tingginya radikal bebas dalam tubuh pasien DM.  Hewan menjadi lemah dan dapat menimbulkan kematian.

Prof. Tutik bersama Dr. Adi Winarto (Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi FKH IPB); Prof. Deni Noviana (Departemen Klinik, Reproduksi, dan Patologi, FKH IPB); dan Prof. Dewi Apri Astuti (Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan IPB) melakukan penelitian mengenai hal ini.

Prof. Tutik mengatakan akhir-akhir ini kasus penyakit DM pada hewan anjing dan kucing semakin meningkat.

Meningkatnya penyakit DM yang menyerang kucing dan anjing ini salah satunya disebabkan oleh gizi pakan yang tidak seimbang dan cenderung mengandung karbohidrat yang berlebihan.

Oleh karena itu, dibutuhkan kandungan pakan yang baik agar dapat mencegah peningkatan penyakit DM tersebut.

''Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit DM pada kucing ini adalah biji mahoni, sehingga dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan memformulasikan ekstrak biji mahoni (Swietenia mahagoni) menjadi pakan kucing pencegah obesitas dan diabetes, melalui uji palatabilitas, dan uji klinis pada kucing,'' ujarnya.  

Prof. Tutik menjelaskan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa formula pakan berbasis ekstrak biji mahoni yang terbaik dengan palatabilitas paling tinggi.

Uji klinis formula pakan kucing terbaik menunjukkan bahwa kandungan ekstrak biji mahoni pada pakan tersebut dapat mengontrol berat badan, mengendalikan body mass index (BMI) atau indikator kadar relatif lemak dalam tubuh, mengontrol kadar glukosa darah dan antioksidan, serta mengontrol profil kolesterol dalam darah.

Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa formula pakan terbaik ini merupakan salah satu produk yang dapat digunakan sebagai pencegah obesitas dan diabetes pada kucing.(AT)

Pewarta: Humas IPB/Prof. Tutik Wresdiyati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017