Bekasi (Antara Megapolitan) - Wakil Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahmad Syaikhu mengingatkan pentingnya peran keluarga dalam mewujudkan generasi sehat di wilayahnya dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-53 pada 2017.

"Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 ini mengangkat tema `Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku`. Sebuah pesan tentang pentingnya peran keluarga sebagai pondasi memulai kehidupan yang sehat," katanya di Bekasi, Senin.

Hal itu dikemukakan Syaikhu saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI di depan ribuan aparatur Pemkot Bekasi yang mengikuti apel di Lapangan Upacara Plaza Pemkot Bekasi.

Pada upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 yang digagas Pemerintah Kota Bekasi itu, Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu bertindak selaku inspektur upacara.

Agenda tersebut juga dihadiri Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, pimpinan DPRD Kota Bekasi beserta anggotanya, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Bekasi, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Rayendra Sukarmadji, seluruh Pejabat Eselon II, III, IV Pemerintah Kota Bekasi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dikatakan Syaikhu, tema tersebut sejalan dengan progam Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan peran keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

"Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Selain penyelenggaraan progam Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, kata dia, pembangunan juga perlu melibatkan lintas sektoral melalui gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

"Dengan Germas, kami mengajak kerja sama lintas sektoral dan lintas progam dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat," katanya.

Segenap jajaran instansi kesehatan, kata dia, senantiasa menggelorakan semangat revolusi mental melalui penghayatan dan pengamalan tiga nilai utamanya, yakni integritas, kerja keras dan gotong royong.

"Tiga hal itu harus dapat diwujudkan demi cita-cita besar pembangunan kesehatan di Indonesia yaitu masyarakat sehat, mandiri dan berkeadilan," katanya.

(Advertorial Dinkes Kota Bekasi)

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017