Karawang, 14/11 (ANTARA) - Ribuan buruh di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mogok kerja serta melakukan unjuk rasa dengan menutup akses jalan menuju Subang dan Cikampek, yakni terkait tuntutan upah minimum kabupaten 2013, Rabu (14/11).  
Dilaporkan bahwa Ddalam aksinya, para pengunjuk rasa melakukan "sweeping" di sejumlah perusahaan, yakni guna mengajak karyawan lain untuk mendukung aksi mogok tersebut.

Selain itu, para pengunjukrasa juga menghentikan bus karyawan yang hendak mengantar ke perusahaan, serta menutup akses menuju kawasan industri Kota Bukit Indah, Cibungur, Purwakarta.

Setiap bus karyawan yang tengah mengantar karyawan ke perusahaannya masing-masing dihadang rombongan pekerja. Hal itu dilakukan dalam menyerukan mogok kerja massal se-Purwakarta.

Sejumlah pekerja mengaku melakukan aksi mogok kerja secara massal se-Purwakarta, sebagai bentuk protes terkait belum disepakatinya tuntutan kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) Purwakarta hingga Rp2 juta.

Para pekerja dari berbagai perusahaan dan serikat pekerja yang berbeda itu juga menyesalkan sikap pemerintah daerah setempat yang tidak mengabulkan tuntutan mereka terkait kenaikan UMK 2013.

Dari sekitar kawasan industri Kota Bukit Indah, para pengunjukrasa berkonvoi dengan menggunakan sepeda motor menuju Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. Aksi konvoi tersebut sempat memacetkan arus lalu lintas sepanjang Cikopo-Purwakarta.
 


Ali Khumaini

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012