Jerusalem (Antara Megapolitan/Reuters) - Catatan teori kehidupan Albert Einstein yang diberikan ilmuwan tersebut pada seorang pegawai hotel di Tokyo sebagai pengganti uang tip sekitar 95 tahun lalu dilelang di Jerusalem.

Einsten yang tidak memiliki cukup uang tunai itu menyerahkan catatan teori kehidupan yang kini dihargai 1,3 juta dolar.

Pada tahun 1922, Einstein sedang dalam perjalanan ke Jepang ketika pengumuman bahwa dia akan menerima hadiah Nobel fisika tahun 1921 diumumkan, kata Balai Lelang dan Pameran Winner.

Setibanya di Tokyo, dia bersembunyi di kamar hotelnya untuk menyusun laporannya.

Ketika seorang petugas datang ke kamarnya untuk melakukan pengiriman, Einstein menyadari tidak memiliki uang untuk tip.

Sebagai gantinya, dia menyerahkan sebuah catatan yang ditandatangani dengan satu kalimat, yang ditulis dalam bahasa Jerman: 

"Kehidupan yang tenang dan sederhana akan membawa lebih banyak kebahagiaan daripada mengejar kesuksesan yang diliputi kegelisahan terus-menerus."

Menurut rumah pelelangan tersebut, Einstein menyarankan kurir itu untuk menyimpan catatan tersebut. Ia mengatakan bahwa suatu saat nilainya akan melampaui jumlah tip normal.

Hampir 100 tahun kemudian, Einstein terbukti benar setelah keponakan kurir itu menghubungi rumah pelelangan untuk melelang catatan tersebut untuk dijual. Identitas pembeli dalam jaringan belum terungkap. 

Pewarta:

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017