Bogor, 10/11 (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Nurhayanti menyebutkan, pemerintah daerah mendukung rencana penyelamatan warga Jakarta dari banjir dengan membangun waduk di Ciawi.

"Kita (Pemkab) "welcome" saja dengan rencana tersebut. Kita satu negara NKRI kenapa tidak membantu, tapi ini harus ada pembahasan lagi," katanya di Bogor, Sabtu.

Sekda menyebutkan, wacana pembangunan Waduk di Ciawi memang rencana lama. Namun, belum terealisasi.

Ia menyebutkan, untuk merealisasikannya perlu ada pembahasan lebih lanjut dan lebih mendalam dengan pemerintah daerah.

"Harus ada pembahasan lagi, karena secara teknis, ini (waduk) harus betul-betul diteliti, bagaimana dampak lingkungannya, dan pembebasan lahannya, ini harus dibahas bersama," katanya.

Nurhayanti menyebutkan, rencana pembangunan waduk tersebut baru dibahas ditingkat provinsi. Sementara ditingkat Pemerintah Kabupaten Bogor belum.

"Semuanya baru dibahas ditingkat provinsi. Seharusnya ada pembahasan ditingkat daerah, karena untuk pembebasan lahan misalnya, itu harus ada aturannya apalagi ini menyangkat masyarakat adat setempat," katanya.

Sementara itu, menurut Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan hutan, Kementerian Lingkungan Hidup, Arif Yono yang ditemui Jumat (9/11) kemarin dalam acara peresmian pengolahan kotoran gajah menjadi kertas Safari Poo Paper di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor menyebutkan, rencana pembangunan waduk Ciawi sedang dalam proses kajian.

"Ini (waduk) ini sedang dalam proses kajian. KLH melakukan kajian, sudah cukup lama, dari segi kebutuhan, dan titik lokasi," katanya.

Ia mengatakan, dari kajian yang sudah ada, memang kawasan Ciawi berpotensi untuk pembuatan waduk.

Hanya, saat ini sedang dikaji lokasi tepatnya pembangunan waduk akan dilukan.

Menurut Arif, dari hasil kajian KLH, pembangunan waduk di Ciawi efektif dalam rencana mengurangi banjir di Jakarta.

"Sangat efektif, karena dari segi Amdalnya bisa untuk mengurangi banjir di Jakarta," katanya.

Rencana pembangunan waduk Ciawi juga mendapat dukungan dari pemerintah Provinis Jawa Barat.  
   Seperti yang pernah diberitakan ANTARA, Senin, (5/11) Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pernah mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan waduk Ciawi bila kepentingannya demi kemaslahatan masyarakat, khususnya warga Jakarta.

"Insya Allah, kita (Jawa Barat) mendukung pembangunan ini. Jika memang ini demi kemaslahatan masyarakat. Tidak ada salahnya masyarakat hulu (Bogor) menolong masyarakat hilir (Jakarta) terbebas dari banjir," kata Gubernur.

Menurut informasi di lapangan, rencana pembangunan waduk Ciawi untuk mengurangi banjir di Jakarta mendapat penolakan dari masyarakat setempat. Selain itu juga, rencana ini belum ditanggapan oleh DPRD setempat.

Laily R

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012